Lebih Penting Mana, Asuransi atau Investatasi ??

Asuransi atau Investasi ?? Lebih Penting Mana

Lebih Penting Mana, Asuransi atau Investatasi ?? – Jika kita berbicara tentang teori keuangan, maka tentu kita harus bisa mempersiapkan rencana keuangan yang matang agar bisa mengcover semua resiko resiko yang terjadi di masa depan. Untuk itu seringkali pertanyaan mucul bahwa lebih penting mana menndahulukan asuransi atau investasi untuk membiayai semua resiko resiko tersebut.

Lebih Penting Mana, Asuransi atau Investatasi ??

Lebih Penting Mana, Asuransi atau Investatasi ??

Jika dilihat dari fungsinya masing masing sebenarnya keduanya sangat penting. Asuransi berfungsi untuk melindungi anda dan keluarga anda dari resiko keuangan jika terjadi hal hal yang mendadak. Sementara investasi berfungsi untuk persiapan masa depan anda jika nantinya anda sudah tidak produktif lagi dalam mencari nafkah. Investasi juga melindungi nilai uang anda agar tidak tergerus oleh inflasi.

Baca juga : Asuransi Terbaik Di Indonesia Untuk Kenyamanan Hidup Anda

Pertanyaannya adalah jika kita mempunyai keterbatasan untuk menabung tiap bulannya untuk mempersiapkan jaminan jaminan di atas, maka manakah yang lebih penting dipersiapkan asuransikah atau investasi ??

Sebelum memberikan jawaban atas pertanyaan pertanyaan di atas, maka terlebih dahulu anda memahami lebih mendalam tentan pengertian asuransi dan investasi.  Sama halnya dengan investasi seperti reksadana yang terbagi menjadi beberapa bagian seperti pasar uang, pendapatan tetap, atau campuran saham yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan keuangan anda, maka dalam dunia asuransi pun demikian.

Pengertian membeli sebuah produk asuransi berarti kita membayarkan sejumlah uang tiap bulannya yang disebut premi kepada perusahaan asuransi. Jika dalam periode tertentu yang biasa disebut masa pertanggungan kita mengalami resiko maka perusahaan asuransi akan mengcover biaya tersebut yang biasa dikenal dengan uang pertanggunan. Namun, selama masa pertanggungan jika tidak terjadi resiko tersebut maka premi yang kita bayarkan tiap bulannya tersebut menjadi milik perusahaan asuransi.

Jika anda selalu bertanya tentang mengapa perusahaan asuransi bisa membayarkan uang pertanggungan yang nilainya melebihi premi yang kita bayarkan, maka jawabannya itu karena produk asuransi dijual secara luas ke banyak orang. Sehingga keuntungan yang didapatkan dari orang orang yang tidak mengalami resiko selama program asuransi berjalan itu lah yang digunakan sebagai uang simpanan yang akan dibayarkan kepada orang orang yang sedikit mengalami resiko saat masa pertanggungan.

Untuk memahami lebih lanjut tentang jenis jenis asuransi, anda bisa menyimak penjelasan lebih mendatail di bawah ini :

  1. Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan biasa dikenal sebagai asuransi kecelakaan diri berfungsi untuk memberikan perlindungan kepada seseorang dan kerabatnya jika terjadi resiko kecelakaan mendadak yang mengakibatkan kematian, cacat total, dan cacat tetap yang membuat tertanggung tidak lagi bisa menjalankan kewajibannya untuk menghidupi diri sendiri dan keluarganya.

  1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang berfungsi untuk mengcover resiko ketika terjadi kematian atau hidup yang terlalu lama. Sama halnya dengan asuransi kecelakaan, asuransi jiwa juga tidak hanya membantu tertanggung tapi juga keluarga yang ditinggalkan ketika nantinya terjadi kematian mendadak.

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang berfungsi untuk memberikan perlindungan kepada nasabahnya ketika terjadi masalah kesehatan atau kecelakaan. Jenis perawatan yang ditanggung biasanya rawat jalan dan rawat inap.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...