5 Hal Penting Sebelum Memilih Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga

Memilih Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga, Baca Dulu 5 Hal Penting Ini

5 Hal Penting Sebelum Memilih Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga – Asuransi memang sedang marak di Indonesia. Bahkan untuk asuransi kesehatan keluarga, ada berbagai macam pilihan. Banyak dari kita yang memilih produk asuransi tanpa banyak tahu tentang manfaatnya sesuai dengan kebutuhan kita. Bahkan, tidak sedikit dari kita yang memilih asuransi karena bujukan teman atau karena si agent.

5 Hal Penting Sebelum Memilih Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga

Itulah mengapa, sangat penting untuk mengetahui tentang asuransi dan mengapa kita membutuhkannya. Sebelum menjawab itu semua, perlu diketahui apa saja hal penting yang harus kita lakukan sebelum memilih memiliki asuransi kesehatan.

1. Saat sehat, ikutlah dalam asuransi kesehatan

Kita tidak tahu kapan akan sakit, kapan akan opname atau bahkan kapan akan menghabiskan biaya perawatan rumah sakit yang begitu banyak. Jika tidak ikut dalam asuransi kesehatan, memiliki tabungan untuk hal yang tidak terduga misalnya sakit pun masih belum cukup. Jangan sampai, saat nanti sudah terbaring di rumah sakit, anda menyesal karena tidak memiliki asuransi dan menyadari betapa pentingnya asuransi tersebut setelah menjalani perawatan medis. Pada saat anda sakit, maka akan sangat kecil sekali peluang perusahaan asuransi untuk menerima permohonan asuransi kesehatan anda atau keluarga. Maka dari itu, sangat disarankan untuk membuat asuransi saat kondisi tubuh dalam keadaan sehat.

Faktanya, dalam asuransi kesehatan terdapat ketentuan dimana kondisi penyakit yang sudah ada sebelum anda menjadi nasabah asuransi kesehatan, maka biaya perawatannya tidak akan ditanggung oleh perusahaan. Hal ini dikenal dengan ëpre-existing conditioní. Namun, dalam kondisi tertentu mereka bisa saja menanggung biaya tersebut.
Yang jelas, perusahaan asuransi kemungkinan besar akan menolak jika anda dalam keadaan sakit dan mengajukan permohonan asuransi. Sebab, hal ini akan membuat mereka rugi karena harus mengeluarkan biaya rumah sakit yang lebih besar dari premi polis yang anda bayar. Karena mereka bukan lembaga sosial dan bertujuan untuk mencari untung.

2. Lakukan permohonan asuransi saat muda

Saat melakukan permohonan asuransi di usia senja, maka premi polis yang anda bayar akan lebih mahal dibandingkan nasabah yang masih muda. Tingkat umur akan menentukan tingkat premi. Sehingga, sangat dianjurkan untuk mengajukan asuransi saat masih muda. Dengan demikian, anda dapat menghemat sebab bisa membayar premi asuransi kesehatan anda dengan lebih murah. Selain itu, resiko terkena penyakit saat muda jauh lebih kecil dan akan membuat anda lebih mudah diterima oleh perusahaan asuransi.

baca juga : Apa Fungsi Dari Asuransi Kesehatan ? Dan Bagaimana Cara Membuatnya

3. Hati-hati dengan asuransi cash plan

Jika asuransi yang ditawarkan tidak menarik namun premi lebih mahal dan tariff kamar lebih rendah, bukan berarti anda sudah salah memilih asuransi kesehatan. Seseorang bisa saja mendapatkan tariff kamar yang tinggi karena memilih asuransi jenis cash plan. Maksudnya adalah asuransi ini akan menanggung biaya berdasarkan lamanya dirawat inap. Jika dirawat 5 hari dengan biaya asuransi 1 juta per hari, maka yang ditanggung adalah 5 juta. Dan hal tersebut tidak memperhatikan tagihan lain yang sebenarnya.

Padahal, asuransi yang tepat dan baik adalah yang akan menggantikan tagihan biaya perawatan rumah sakit, mulai dari biaya kamar, biaya obat, biaya dokter, biaya operasi, biaya lab, biaya spesialis serta lainnya. Dengan demikian, maka nyaris tidak ada kemungkinan kecil pun bagi kita untuk merogoh kocek sendiri guna membayar biaya tambahan yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Bukan berarti anda tidak boleh mengambil cash plan. Walaupun cash plan itu terlihat murah, berpremi rendah, namun jika kita menghitung dengan tepat serta membandingkan dengan premi dan manfaatnya maka akan menjadi mahal. Saat memilih cash plan, pastikan jika anda memiliki asuransi kesehatan yang dapat mengganti berdasarkan rincian tagihan biaya perawatan. Jadi, cash plan digunakan hanya sebagai proteksi tambahan.

4. Perhatikan ketentuan rawat inap

Pihak asuransi memiliki ketentuan tentang rawat inap. Pertama, rawat inap harus di rumah sakit. Perusahaan asuransi tidak akan menanggung jika hanya di klinik. Maka dari itu harus dipastikan terlebih dahulu dengan perusahaan asuransi yang anda pilih. Kedua, pihak asuransi juga memiliki persyaratan tentang berapa lama rawat inap. Beberapa menetapkan klaim dapat dilakukan 1 hari rawat inap, namun ada juga yang minimal 2 hari. Karena setiap pihak asuransi berbeda, maka tanyakan terlebih dahulu.

5. Gunakan satu polis untuk satu keluarga

Untuk satu keluarga, beli satu polis akan lebih murah dibanding beli beberapa polis. Caranya adalah dengan mencari asuransi kesehatan yang menawarkan bahwa mereka dapat menanggung satu polis untuk satu keluarga.
Itulah informasi kami mengenai 5 hal penting sebelum memilih memiliki asuransi kesehatan keluarga.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...