Masih Sering Sewa Calo Buat Bayar Pajak Motor Coba Urus Sendiri Mudah Kok, Ini Dia Caranya!

Bayar Pajak Motor dan Masih Sering Sewa Calo ? Coba Urus Sendiri Mudah Kok, Ini Dia Caranya!

Masih Sering Sewa Calo Buat Bayar Pajak Motor? Coba Urus Sendiri Mudah Kok, Ini Dia Caranya! – Bayar pajak motor bisa dibilang sebagai rutinitas tahunan yang harus dilakukan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Nah, sudah jadi kewajiban kita nih sebagai pengendara motor untuk bayar pajak sebagai peraturan yang harus ditaati kalau nggak mau ditilang. Pajak motor dipungut sebagai bentuk iuran untuk pembangunan jalan dan lainnya. Membayar pajak bisa dilakukan di kantor atau gerai Samsat terdekat.

Masih Sering Sewa Calo Buat Bayar Pajak Motor Coba Urus Sendiri Mudah Kok, Ini Dia Caranya!

Samsat merupakan unit atau kantor yang memiliki sistem administrasi satu atap. Jadi, didalamnya ada beberapa dinas yang akan bekerja untuk membantu anda menyelesaikan masalah berkas kendaraan bermesin seperti motor, mobil atau kendaraan lainnya. Di tempat ini, semua pekerjaan selalu berhubungan dengan STNK dan BPKB
Karena berhubungan dengan birokrasi, seringkali membayar pajak motor terlihat rumit, memakan waktu yang lama dan juga membuang energi. Selain itu, alasan tidak mengerti syarat dan cara pembayarannya pun menjadi faktor lainnya untuk menyewa calo. Nah, bagi yang sering menyewa jasa calo atau pesuruh, sudah pasti harus ada biaya tambahan lagi yang harus dikeluarkan.

Baca juga : Inilah 8 Cara Ampuh Memilih Perusahaan Asuransi Kendaraan

Tetapi sebenarnya, bayar pajak untuk motor anda bukanlah hal yang sesulit itu. Selama kamu dapat memenuhi persyaratan, memiliki waktu yang diluangkan dan tetap sabar, kamu nggak butuh buang-buang dana dengan menyewa calo. Cukup siapkan semua dokumen yang diperlukan dan ketahui beberapa syarat untuk membayar pajak.

Kalo kamu mau urus sendiri, kamu pun bisa lebih hemat, terbiasa berhadapan dengan birokrasi dan uangnya jatah buat sewa calo bisa dipake’ untuk beli bensin. . Apalagi, jika saat membeli motor tersebut, kamu menggunakan KTP pribadi, semua proses akan lebih mudah lagi soalnya sudah terbukti keasliannya bahwa kendaraan tersebut memang atas nama kamu dari awal beli hingga digunakan. Untuk itu, pelajari dulu cara membayar pajak motor kamu.

1. Isi formulir permohonan perpanjangan STNK.

Semua data harus sesuai dengan data di STNK dan BPKB. Formulir lengkap dapat diperoleh di loket pendaftaran di Samsat setempat. Isi formulir secara lengkap dan lampirkan berkas yang harus dipenuhi, yakni:
Untuk perpanjang pajak STNK Tahunan (STNK asli + Fotocopy, Fotocopy BPKB, KTP asli + Fotocopy sesuai pada nama STNK dan BPKB)
Untuk perpanjang pajak STNK hingga 5 Tahun (Cek fisik kendaraan bermotor, STNK Asli + Fotocopy, Fotocopy BPKB, KTP Asli + Fotocopy sesuai nama STNK dan BPKB)

2. Jika formulir sudah diisi dengan lengkap, kamu bisa menyerahkan berkas permohonan tersebut pada Loket Penyerahan Berkas.

3. Kamu harus menunggu. Slip Pembayaran Pajak akan diberikan dan sudah tercantum nominal pembayaran pajak yang harus dilunasi.

4. Serahkan slip pembayaran dan juga uang untuk membayar pajak motor kamu sesuai dengan total biaya pajak yang harus bayar. Serahkan pada kasir.

5. Nah, jika sudah melakukan pembayaran paja, bukti pelunasan pembayaran pajak akan diberikan. Kamu bisa menyerahkan tanda bukti tersebut pada loket tempat pengambilan STNK.

6. Selesai.

Tuh kan? Cara yang dilakukan untuk membayar pajak kendaraan kamu nggak segitu ribetnya. Kamu cuman butuh kesabaran, waktu luang dan juga berkas yang lengkap supaya nggak bolak-balik karena data yang kurang lengkap.
Perlu dicatat ya, untuk kamu yang ingin membayar pajak dengan proses 5 tahunan, setelah membayar pajak STNK, kamu harus membawa tanda bukti pembayaran pada loket pengambilan TNKB atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. Hal ini harus dilakukan supaya kamu dapat segera mengambil plat nomor kendaraan yang baru.
Selain itu, kamu juga bisa memproses perpanjangan pajak motor tahunan di Samsat Keliling atau Gerang Samsat. Yang terpenting adalah dengan membawa BPKB Asli dan KTP sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut memang asli milik kamu.

Hati-hati juga saat hendak membayar pajak untuk motor kamu. Ada denda pajak yang akan dikenakan kalo sampai kamu telat membayar pajak motor. Oleh karena itu, mendingan semua dilakukan dengan tepat waktu. Hindari mengulur waktu selagi dana sudah ada apalagi berkas lengkap sudah ada di tangan. Denda akan terus menumpuk kalo sampai terlambat membayar. Artinya, kalau sampai kamu punya tunggakan bayar pajak untuk motor kamu, tunggakan yang numpuk membuat denda menjadi lebih banyak. Bahkan dendan bisa mencapai hingga 20% dari pajak pokok kamu. Nah, dengan tata cara dan persyaratan yang cukup mudah, kamu nggak perlu lagi sewa calo untuk bayar pajak motor.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...