Biaya Sekolah Tinggi? Intip Dulu Cara Menabung Di Bank Untuk Anak!

0Shares

Memang sudah keharusan orang tua untuk mengajarkan anak cara menabung di bank supaya anak tahu tidak mudah untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, apalagi saat ini biaya sekolah benar-benar tinggi. Menabung adalah kebiasaan dan bila dimulai sejak dini, maka tidak akan sulit untuk anak anda untuk memulainya saat dewasa nanti. Jika anak sudah terbiasa nabung di celengan, waktunya anak untuk tahu cara menabung lainnya misalnya dengan di bank.

Biaya Sekolah Tinggi? Intip Dulu Cara Menabung Di Bank Untuk Anak!

Penasaran kriteria tabungan anak yang paling baik? Berikut penjelasannya!

1. Jumlah setoran awal tidak tinggi

Ada beberapa bank yang menawarkan setoran awal untuk tabungan anak yang rendah karena memang namanya tabungan anak. Pilih bank yang menawarkan setoran awal menabung dengan rendah supaya bisa dipenuhi oleh anak sendiri sampai mereka bangga memiliki tabungan pribadi.

2. Saldo minimum

Bahkan beberapa bank juga menetapkan jumlah saldo minimum yang harus ada di tabungan, sedangkan yang lain juga ada yang tidak. Maka dari itu, sebaiknya ketika anak sudah tahu cara menabung di bank dan ingin membuka tabungan, cari tahu terlebih dahulu tentang hal ini agar tidak merasa dirugikan. Bank mempunyai ketetapan jumlah saldo minimum dan akan menagih biaya terutama jika saldo anak di bawah jumlah saldo minimum tersebut.

3. Buku tabungan harus atas nama anak

Bank akan memberikan buku tabungan. Perhatikan apakah buku tabungan itu atas nama siapa. Walaupun memang tidak berpengaruh besar, tetapi jika bank memberikan wewenang pada anak, maka anak akan merasa bangga dan senang sehingga mereka akan rajin karena tabungan tersebut tertera nama mereka.

4. Kartu ATM

Untuk tabungan anak, beberapa bank memberikan kartu ATM dan ada juga yang tidak. Disarankan untuk memilih bank yang memberikan fasilitas ATM agar menumbuhkan rasa bangga dan anak pun sering menabung. Atau paling tidak, anak bisa belajar mengatur keuangannya sendiri.

5. Desain kartu ATM harus yang menarik

Akan lebih menyenangkan jika anak memiliki kartu ATM yang lucu dengan nama mereka sendiri tertera di ATM. Mereka pun akan memiliki motivasi lebih tinggi untuk terus menabung.

6. Perhatikan biaya yang lain

Saat membuka rekening untuk anak, pastikan dengan jelas tentang biaya tabungan yang akan mengurangi jumlah tabungan anak agar tidak mengurangi minat anak dalam menabung.

Beberapa biaya yang harus diperhatikan adalah biaya penutupan rekening, biaya administrasi dan biaya minimal saldo. Ada bank yang tidak memberikan biaya-biaya tersebut. Jadi, pastikan bahwa anda sebagai orang tua memilih bank yang tepat yang tidak memungut biaya apapun sehingga anak tetap semangat menabung.

7. Pilih bank dengan promo menarik

Ada beberapa bank yang memberikan promo menarik terutama untuk mengajarkan anak rajin menabung seperti diskon di tempat bermain anak-anak, hadiah langsung, tambahan bunga atau lainnya. Oleh karena itu, pilih tabungan anak yang semakin memberikan promo menarik supaya anak tetap rajin menabung.

8. Point reward

Tidak semua tabungan anak yang ditawarkan bank disertai dengan point reward. Hal ini bisa menjadi pertimbangan para orang tua supaya memilih bank yang tepat agar anak rajin menabung. Point reward adalah point yang bisa ditukarkan jika anak gemar menabung sehingga anak bisa mendapatkan mainan atau souvenir.

Itulah cara menabung di bank untuk anak dan bagaimana memilih bank yang tepat, semoga membantu!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...