8 Cara Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Yang Laris Manis Dengan Modal Kecil

8 Cara Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Yang Laris Manis Dengan Modal Kecil – Sebagian orang pasti ada rasa khawatir jika ingin memulai suatu bisnis atau usaha. Jangan khawatir, hal itu sangatlah wajar. Topik kita kali ini akan membahas tentang cara memulai bisnis rumahan khususnya di bidang kuliner. Memulai bisnis kuliner rumahan yang laris manis dengan modal kecil sebenarnya adalah hal yang mungkin dilakukan. Mengapa? Karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia setiap hari, alias tidak ada matinya jika kita menjalankan bisnis kuliner ini.

8-Cara-Memulai-Bisnis-Kuliner-Rumahan-Yang-Laris-Manis-Dengan-Modal-Kecil

Agar modal Anda terpakai dengan efektif dan efisien. Anda harus memahami teknik dan strateginya dalam memulai bisnis kuliner ini. Jangan sampai salah langkah, bisa-bisa modal Anda akan terbuang sia-sia. Kesebaran dan kedisiplinan juga dibutuhkan sebagai modal awal usaha yang Anda jalankan dapat berkembang.

Mau tau caranya memulai bisnis kuliner rumahan yang laris manis dengan modal kecil? Bacalah tips berikut ini:

  1. Keinginan Anda

Jika Anda akan melakukan suatu usaha, Anda harus memastikan bahwa ini memang apa yang Anda inginkan. Pekerjaan jika dilakukan karena kita menyukainya bahkan mencitainya maka akan terasa sangat menyenangkan. Jangan sampai Anda tertekan dalam bekerja. Karena itu tidak akan berdampak baik bagi diri Anda maupun usaha Anda.

Bisnis-Kuliner-Rumahan-

  1. Nama Usaha

Merek itu penting sebagai identitas bagi konsumen untuk mengenal usaha Anda. Maka buatlah nama merek yang unik namun enak untuk didengar, dibaca dan dilihat. Merek ini harus mendeskripsikan usaha Anda namun buatlah nama sesimple mungkin.

Baca juga : 7 Ide bisnis rumahan yang menjanjikan untung besar jika ditekuni

  1. Riset

Riset adalah hal yang paling pertama dilakukan untuk mengetahui perilaku pembeli sekitar. Lakukan riset di sekitar Anda akan memulai bisnis kuliner. Anda bisa mencari tahu makanan seperti apa yang menjadi favorit orang-orang sekitar, makanan yang belum pernah dijual di lokasi tersebut sebelumnya, uang yang biasa dikeluarkan orang untuk membeli makanan, dan lain sebagainya

  1. Terapkan Hasil Riset

Nah setelah riset tadi, Anda terapkan ke dalam usaha Anda. Misalnya ternyata uang yang biasa mereka keluarkan untuk membeli makanan sekitar Rp 15.000 s/d Rp. 30.000 maka jualah makanan Anda sesuai hasil riset tadi, atau ternyata belum adanya yang menjual nasi rebus maka Anda bisa menambahkan menu nasi rebus.

  1. Belajar Terus

Dari dulu kita sudah diajarkan untuk selalu belajar. Apapun pekerjaan atau usaha kita, diperlukan kemauan untuk terus memahami apa yang kita lakukan. Anda bisa belajar dari mengobrol dengan orang yang telah sukses menjalankan bisnis kulinernya atau dengan membaca buku-buka, ebook, dll. Cari tahu kelemahan bisnis Anda, lalu dari situ tingkatkan terus kualitas bisnis kuliner Anda. Bisa dari segi sistem usahanya ataupun makanan yang Anda jual.

  1. Capai Tujuan Anda

Dalam mengerjakan segala sesuatu, kita harus memiliki visi, tujuan dan cita-cita. Hal inilah yang menjadi faktor motivasi Anda. Sehingga Anda akan gigih mencapai tujuan Anda tersebut. Buatlah tujuan jangka pendek dan panjang. Misal, tujuan jangka pendek Anda membuka restoran di kota Anda ialah untuk mendapatkan 300 cutomer di bulan pertama. Tujuan jangka panjangnya ialah mempunyai customer setia bahkan pengunjung dari luar kota.

  1. Menjalin Kerjasama

Perluaslah jaringan mitra Anda, makin luas jaringan maka peluang bisnis kuliner Anda berkembang juga semakin tinggi. Cobalah bermitra dengan supplier bahan makanan agar Anda bisa mendapatkan bahan baku yang lebih murah, juga bermitralah dengan distributor yang menjual makanan agar bisnis Anda secara tidak sadar akan berkembang dengan sendirinya.

  1. Promosi

Beriklan adalah faktor yang cukup berpengaruh dalam mengenalkan makanan Anda. “Tak kenal maka tak sayang”, maka setelah orang-orang sudah mengetahui keberadaan usaha kuliner Anda, mereka akan mencoba membeli dengan sendirinya. Anda tidak perlu membayar mahal untuk promosi melalui media-media berbayar. Cobalah rajin berpromosi di media sosial. Gratis kok!

Dalam menjalankan usaha apapun Anda harus gigih untuk mengembangkan usaha kuliner Anda dan selalu berinovasi dalam membuat menu-menu yang unik. Ingat lakukanlah pekerjaan Anda dengan senang hati dan pikiran yang positif. Jika usaha Anda sudah berjalan lancar dan besar, Anda bisa mengurus NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) untuk membuat bisnis kuliner Anda makin sukses lagi kedepannya. Gimana? Anda sudah siap memulai bisnis kuliner rumahan yang laris manis dengan modal kecil ini?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...