Apa Saja Program Untuk Bpjs Tenaga Kerja?

Bpjs Tenaga Kerja, Apa Saja Programnya?

Apa Saja Program Untuk Bpjs Tenaga Kerja? – Setiap warga di Indonesia yang tidak mampu memang berhak untuk mendapatkan BPJS atau yang bisa disebut Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Setiap masyarakat yang kurang mampu bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan BPJS. Fungsi dari BPJS sendiri untuk membantu masyarakat Indonesia dalam bidang sosial dan ekonomi. BPJS memang berlaku untuk semua kalangan, terutama yang kurang mampu. Untuk mendapatkan kartu BPJS caranya sangat mudah sekali, hanya tinggal mendaftar dengan menggunakan KTP dan juga Pas Foto, kemudian anda akan diberikan rekening bank untuk membayar iuran setiap bulannya. Memiliki BPJS memang sangat membantu, apalagi untuk rakyat yang status ekonominya menengah kebawah. Jika terjadi sesuatu hal, anda bisa menggunakan BPJS untuk mengeluarkan bantuannya.

Apa Saja Program Untuk Bpjs Tenaga Kerja?

Untuk para kerja juga ada BPJS tenaga kerja yang memang wajib dimiliki oleh setiap pekerja. Hak hak para pekerja untuk memikirkan ekonomi dan sosialnya juga diperhatikan di BPJS tenaga kerja. ada beberapa program yang memang dibuatkan khusus para pekerja yang mendaftar BPJS. Berikut ini ada beberapa contoh program BPJS yang memang bisa anda gunakan untuk para pekerja:

Apa Saja Program Untuk Bpjs Tenaga Kerja?

1. Program Jaminan Hari Tua untuk tenaga Kerja

Tenaga kerja yang sudah mendaftarkan dirinya di BPJS bisa mendapatkan beberapa program yang sangat bermanfaat. Salah satu programnya adalah Jaminan Hari Tua (JHT) yang memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan atau jaminan untuk hari tua. Jaminan yang diberikan bisa digunakan jika di hari tua ada resiko pada sosial ekonomi para tenaga kerja. Namun, sempat mendapatkan beberapa bahwa JHT akan diberikan kepada tenaga kerja ketika sudah mendaftar BPJS selama 10 tahun. Meskipun sampai saat ini kebenarnya masih diragukan, JHT jadi hal yang sangat dibutuhkan para tenga kerja. Jadi jika terjadi apa apa ketika hari tua, dan para tenaga kerja sudah tidak mendapatkan upah karena tidak bekerja rasanya tidak perlu khawatir lagi, sebab perlindungan dasar di hari tua sudah teratasi dengan JHT.

Baca juga : Asuransi Syariah Yang Aman Dan Menenangkan Di Indonesia

2. Program Jaminan Kecelakaan Kerja untuk Tenaga kerja

Tidak hanya Jaminan Hari Tua (JHT) yang diberikan untuk para tenaga kerja, program perlindungan yang lainnya juga diberikan. Berjaga jaga pada kecelakaan yang sering terjadi, para tenaga kerja mendapatkan Program Jaminan Kecelakaan kerja (JKK). Jadi program ini membantu para tenaga kerja yang mendapatkan kecelakaan ketika sedang bekerja, selain itu penyakit yang ditimbulkan karena kecelakaan kerja juga bisa ditanggung dalam JKK ini. Jadi ketika kerja anda akan merasa sudah aman dan terlindungi, melakukan pekerjaanpun terasa sangat ringan. Program JKK memang sangat penting untuk didapatkan mengetahui banyak sekali kecelakaan yang terjadi ketika sedang bekerja.

3. Program Jaminan Keamatian Tenaga Kerja

Kematian menjadi salah satu hal yang tidak dapat diprediksi dan tidak dapat ditentukan. Program yang diberikan BPJS untuk para tenaga kerja adalah Program Jaminan Kematian (JKM). Jaminan ini bisa diberikan kepada ahli waris yang memang sudah terdaftar di BPJS juga. Kematian yang disebabkan juga tidak harus dikarenakan kecelakaan kerja, kematian dikarenakan apapun bisa menggunakan JKM. Program ini memang dikhususkan untuk membantu para ahli waris agar merasa lebih aman sekalipun sudah ditinggalkan. Jadi jika para tenaga kerja menggunakan BPJS kemudian tertimpa musibah meninggal dunia, para ahli waris yang sudah terdaftar bisa mendapatkan bantuan yang mampu meringankan.

4. Program Jaminan Pensiun tenaga kerja

Jaminan pensiun adalah program dari BPJS yang bisa digunakan beberapa pekerja yang sudah waktunya pensiun. Jaminan ini diberikan agar tenaga kerja merasa aman sekalipun surat pensiunnya sudah turun. Adanya jaminan pensiun bisa digunakan ketika ada apa apa, namun posisi para tenaga kerja sudah dalam posisi pensiun. Jadi, ketika mengikuti BPJS untuk para tenaga kerja rasanya memang sangat aman dan mudah. Selain itu rasanya semuanya sudah ditanggung meskipun tidak seutuhnya. Seharunya para tenaga kerja mengajukan dirinya untuk mendaftarakan dirinya di BPJS. Bahkan untuk jaminan pensiun saja diberikan tanpa diperumit cara memintanya.

Untuk program BPJS tenaga kerja, memang sangat banyak tetapi anda juga harus memberikan iuran yang mungkin sekitar Rp. 20.000 dalam satu bulan. Dengan mengiurkan uang dalam setiap bank melalui BPJS para tenaga kerja bisa diguakan untuk pagar diri sendiri. Bekerja dan kemana ñ mana sudah merasa tenang sebab ada yang membantu agar masalah tidak terlalu rumit.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *