bingung-pertimbangkan-tawaran-kpr-dan-bunga-kpr-yuk-pakai-cara-cerdas-ini

Tawaran KPR dan Bunga KPR Malah? Yuk, Pakai Cara Cerdas Ini!

Tawaran KPR dan Bunga KPR Mahal? Yuk, Pakai Cara Cerdas Ini! – Bunga KPR adalah bunga yang dibebankan setiap bulannya jika kamu memilih mengambil KPR (kredit kepemilikan rumah) saat kamu mau membeli rumah atau kebutuhan lainnya. Untuk mengambil kredit ini, jaminan atau agunan harus diberikan seperti rumah itu sendiri. Perlu diketahui ya, KPR adalah kredit konsumtif yang digunakan untuk kegiatan konsumtif pula, bukan produktif.

Baca juga : 5 Produk KPR Terbaik Dengan Suku Bunga KPR Terendah Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu!

bingung-pertimbangkan-tawaran-kpr-dan-bunga-kpr-yuk-pakai-cara-cerdas-ini

Mudahnya, kamu nggak perlu nunggu uang ngumpul banyak untuk membangun atau merenovasi rumah. Dengan cara KPR, rumah idaman bisa diperoleh. Tetapi, ada banyak pertimbangan yang harus kamu lakukan sebelum memilih KPR dan bunganya itu.

1. Cari informasi.

Jangan karena KPR yang ditawarkan dibilang rendah suku bunganya, kamu langsung begitu saja percaya. Informasi harus dicari sebanyak-banyaknya. Cara ini bisa mengantarkan kamu untuk menemukan bank yang tepat. Cari tahu juga besarnya limit pinjaman atau plafon yang ditawarkan ya.

2. Suku bunga.

Bunga KPR

Seperti yang kita bilang tadi, mungkin saat pihak bank bilang suku bunganya rendah, kita bisa tergiur apalagi sudah punya rumah idaman yang diinginkan untuk direnovasi atau dibangun. Supaya tidak termakan godaan begitu saja, sudah seharusnya kamu tahu cara perhitungan suku bunga karena ada tiga jenis bunga yang sering ditawarkan seperti flat, annuity dan juga effective yang sudah pernah kita jelaskan sebelumnya. Tentu saja, jenis bunga yang kamu ambil nanti bisa mempengaruhi jumlah setoran dan jumlah bunga yang harus kamu bayar setiap bulannya.

3. Masa pinjaman KPR

Sudah umum jika banyak bank akan memberikan masa pinjaman dan biasanya untuk KPR, mereka menawarkan maksimal 15 tahun bahkan ada yang 20 tahun. Jika kamu memperpanjang masa tenor kredit, sudah pasti dapat mengurangi besarnya cicilan yang dibayar setiap bulannya tetapi sudah pasti bunga KPR semakin besar dalam kurun 15 hingga 20 tahun tergantung masa pinjaman yang kamu pilih.

4. Developer yang bekerja sama

Perhatikan juga jumlah developer yang bekerja sama dengan bank yang kamu pilih. Semakin banyak developer yang bergabung dengan bank tersebut, artinya bank tersebut memiliki pengalaman yang bagus. Dengan demikian, jangkauan KPR yang dimiliki bank tersebut terbilang luas.

5. Lamanya proses pengajuan

Cari tahu juga berapa lama proses pengajuan yang ditawarkan oleh pihak bank untuk KPR. Biasanya, proses membutuhkan waktu 2 minggu bahkan hingga 1 bulan. Maka dari itu, lamanya proses pengajuan adalah informasi yang sangat penting. Jangan ragu untuk bertanya terlebih dahulu tentang kejelasan proses pengajuan dari pihak bank sehinga kamu pun tidak akan kecewa dengan pelayanannya.

6. Biaya pinalti untuk pelunasan KPR

Jangan sampai kamu lupa untuk menanyakan besarnya biaya yang dikenakan atau biaya pinalti jika suatu saat kamu ingin melunasi sebagian atau seluruh pinjaman sebelum masa pinjaman KPR tersebut habis. Tanyakan hal ini sampai kamu benar-benar mendapatkan informasi yang jelas saat mengajukan KPR. Cari tahu juga apakah pihak bank yang hendak kamu pilih memberikan izin tentang pelunasan di awal. Sehingga, saat kamu memiliki dana lebih, kamu bisa melunasi di awal dan tidak terkena biaya pinalti.

7. Fitur tambahan

Sudah pasti jika sebagian besar bank akan memberikan tawaran dan fasilitas tambahan agar KPR yang ditawarkan bisa menarik atau sekedar untuk membantu para pemohon kredit. Mereka biasanya memberikan fasilitas asuransi kebakaran untuk rumah atau kredit multiguna yang bisa difungsikan sebagai dana untuk merenovasi rumah atau bahkan memberikan tawaran penambahan limit KPR.

8. Biaya administrasi.

Hal lainnya yang akan kamu tanggung saat mengajukan KPR selain bunga KPR adalah biaya administrasi. Untuk biaya administrasi KPR bisa meliputi biaya provisi, biaya notaris/PPAT, biaya administrasi bank, biaya pengecekan sertifikat, biaya balik nama, biaya pengikatan jaminan, biaya asuransi jiwa kredit serta biaya kredugian kredit. Lumayan banyak kan? Jadi, saat kamu mengetahui berapa biaya administrasi yang dikenakan saat mengajukan KPR, kamu bisa mengatur cash flow untuk pembayaran uang muka rumah yang kamu kredit tersebut.

Nah, bagaimana? Sekarang kamu sudah tahu bagaimana langkah-langkah cerdas untuk mempertimbangkan tawaran KPR serta bunga KPR yang ditawarkan oleh bank atau layanan keuangan lainnya. Dengan demikian, kamu juga menggunakan langkah hati-hati agar kedepannya nanti tidak kaget dengan segala biaya yang dikenakan termasuk biaya administrasi, uang muka yang harus kamu gelontorkan, cicilan yang harus dibayar serta bunga yang dikenakan berdasarkan masa pinjaman yang sudah kamu sanggupi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...