asuransi kebakaran

7 Cara Memilih Asuransi Kebakaran Yang Tepat

7 Cara Memilih Asuransi Kebakaran Yang Tepat –  Barangkali anda tinggal di lingkungan padat penduduk dimana kebakaran sangat mudah terjadi dan cukup rawan. Dengan kondisi lingkungan yang demikian, maka bukanlah hal yang salah jika anda memilih menjadi nasabah perusahaan asuransi terutama untuk asuransi kebakaran. Tentu saja, ada banyak sekali perusahaan asuransi yang bersedia menerima anda sebagai nasabah dan dengan pilihan yang cukup banyak, akan membuat anda harus menghabiskan waktu serta energi guna mendapatkan perusahaan yang tepat.

7 Cara Memilih Asuransi Kebakaran Yang Tepat

Perusahaan asuransi yang tepat untuk anda adalah perusahaan yang dapat bekerja sama secara perofesional. Beberapa perusahaan cenderung berbelit-belit dalam mengeluarkan premi yang sudah anda bayarkan, hal ini karena mereka memikirkan tingkat kerugian atau keuntungan yang akan mereka tanggung. Di sisi lain, anda sebagai nasabah merasa dirugikan sebab ulah perusahaan asuransi yang hanya mencari keuntungan pribadi. Guna menghindari perasaan dirugikan dan tertipu, berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menemukan perusahaan asuransi kebakaran yang tepat.

7 Tips Cerdas Memilih Asuransi Kebakaran Yang Tepat :

1. Cari tahu jaminan yang akan diberikan oleh pihak asuransi

Sudah pasti bahwa konsumen adalah raja dan adalah hak anda untuk mengetahui tentang jaminan yang ditawarkan oleh pihak asuransi kebakaran. Tanyakan sampai anda benar-benar merasa jelas dan paham. Dengan demikian, anda dapat secara mudah memahami tentang kewajiban perusahaan terhadap pelayanan yang akan diberikan kepada anda. Biasanya, perusahaan asuransi kebakaran memberikan jaminan jika terjadi korsleting listrik, kerusuhan, ledakan, tersambar petir atau lainnya.

asuransi kebakaran

2. Kumpulkan banyak referensi dan bandingkan

Jangan mudah terpikat dengan melihat satu atau dua perusahaan asuransi kebakaran saja. Sebaiknya, kumpulkan banyak referensi yang dapat anda temukan melalui media, teman atau bahkan keluarga. Walaupun akan sangat menguras waktu, namun hasilnya akan jauh lebih memuaskan sebab kemudian anda dapat membandingkan semua perusahaan asuransi yang sudah anda dapatkan informasinya baik dari segi kelebihan dan kelemahan sehingga anda pun mendapatkan satu pilihan yang dapat anda percaya.

Baca juga : Pilihan Asuransi Kesehatan Keluarga Yang Terbaik

3. Perhatikan tawaran perusahaan asuransi dalam proses klaim

Anda membutuhkan perusahaan asuransi yang dapat secara cepat dan mudah membantu anda dalam proses klaim. Untuk perusahaan yang dilengkapi dengan layanan online, anda dapat menanyakan secara rinci dengan online pula. Periksa semua review klien yang tertera yang menyebutkan kekurangan dan kelebihan dari perusahaan tersebut. Semakin banyak klien yang mereka miliki, maka akan semakin tinggi pula nama perusahaan asuransi tersebut.

4. Perhatikan pula nilai pertanggungan

Sejumlah nominal yang anda dapatkan saat anda mengklaim perusahaan asuransi kebakaran adalah nilai pertanggungan. Maka dari itu, untuk menghindari kerugian anda harus menghitung secara teliti dan cermat sehingga nilai klaim yang harus dikeluarkan oleh perusahaan tidak jauh dari harapan anda. Perusahaan asuransi kebakaran yang tepat harusnya dapat memberikan anda tentang rincian secara jelas guna menghindari kesalahpahaman yang dapat muncul di jauh hari. Cara lainnya adalah dengan bertanya pada pihak yang berpengalaman tentang bagaimana perusahaan mengatur nilai pertanggungan tersebut.

5. Periksa keresmian perusahaan asuransi yang hendak anda pilih

Jangan ragu untuk memeriksa terlebih dahulu tentang keresmian perusahaan asuransi yang hendak anda pilih. Untuk memeriksanya, anda dapat mengunjungi Bapepam-LK (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan) yang berperan penting dalam mengawasi sistem operasional semua perusahaan asuransi. Tentu saja, perusahaan asuransi yang sudah resmi, sudah pasti bergabung menjadi anggota AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia). Saat anda merasa ragu dengan perusahaan asuransi yang hendak anda pilih, maka sebaiknya anda periksa terlebih dahulu keresmiannya dengan mengunjungi lembaga tersebut.

6. Pastikan apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi

Saat mengajukan asuransi kebakaran, pastikan bahwa anda mengerti dengan jelas jenis asuransi yang anda ambil. Periksa apakah jenis asuransi tersebut juga akan menanggung segala jenis kerusakan pada materi kebakaran atau tidak.

7. Hal lainnya yang harus diperhatikan

Perusahaan asuransi yang tepat untuk anda adalah yang dapat membantu agar proses klaim anda dapat diterima secara mudah. Maka dari itu, anda harus membuat surat pengajuan yang sesuai dengan polis. Pastikan juga anda tidak terlambat saat hendak mengajukan klaim. Biasanya, waktu pengajuan klaim sekitar 7 hari setelah terjadinya kebakaran. Oleh sebab itu, pengurusan klaim harus segera dilakukan. Hindari juga membuat unsur kesengajaan guna mendapatkan klaim. Pihak asuransi akan mensurvei lokasi terjadinya kebakaran, menyelidiki faktor-faktor penyebab kebakaran dan jika terdapat kecurigaan adanya unsur kesengajaan, maka sudah pasti klaim anda ditolak.

Jika anda sudah memiliki perbandingannya, anda pun dapat dengan mudah memilih perusahaan yang tepat untuk asuransi kebakaran.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...