Cara Mendapatkan Beasiswa Biar Kuliah Bisa Gratis

Cara Mendapatkan Beasiswa Biar Kuliah Bisa Gratis

 Cara Mendapatkan Beasiswa Biar Kuliah Bisa Gratis –  Mahalnya biaya pendidikan perguruan tinggi dan faktor ekonomi yang kurang menguntungkan menjadi alasan utama kamu atau mungkin keluarga kamu memutuskan untuk tidak menikmati indahnya bangku kuliah. Setiap tahun, setiap fakultas pada hampir semua universitas di Indonesia menaikkan harga mulai dari ratusan ribu bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

Cara Mendapatkan Beasiswa Biar Kuliah Bisa Gratis

Nah, untuk kamu yang bermimpi mengenakan toga dan menjadi sarjana terbaik guna mewujudkan cita-cita yang selama ini kamu inginkan sekaligus membanggakan orang tua, ekonomi dan mahalnya bangku kuliah bukanlah alasan yang dapat menghentikan semua mimpimu. Bukankah pergi ke bulan itu adalah hal yang bisa dilakukan? Untuk itu, jangan berhenti meraih asamu. Misalnya, kamu bisa bekerja dulu, mengumpulkan uang untuk biaya kuliah nanti. Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menikmati bangku kuliah secara gratis adalah dengan mencari beasiswa.

Syarat utama untuk memperoleh beasiswa adalah kemampuan atau daya saing yang kamu miliki haruslah besar. Sebab, beasiswa tidak hanya kamu yang mengincar. Ada banyak bahkan ratusan pelajar diluar sana yang juga memiliki mimpi yang sama sepertimu. Untuk itu, tetaplah optimis dan mulai mengejar beasiswa yang dapat kamu peroleh. Beasiswa hanya diberikan bagi mereka yang memiliki kelebihan dan kamu juga tidak perlu berkecil hati. Selama tetap tekun juga optimis mengejar mimpi mengenyam bangku kuliah, waktunya untukmu mencari peluangmu sendiri.

Tentang Cara mendapatkan beasiswa agar bisa kuliah gratis, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui terlebih dahulu macam-macam beasiswa sehingga sesuai dengan kebutuhan kamu. Inilah beberapa macam beasiswa yang tersedia:

1. Beasiswa bidik misi untuk yang kurang mampu

Sebagai program pemerintah, beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki prestasi dan ingin melanjutkan sekolah namun tidak mampu secara finansial. Semua biaya sekolah yang ada akan ditanggung oleh pemerintah. Kamu hanya menanggung beberapa biaya tertentu yang tidak masuk dalam kategori pendanaan pemerintah.

Baca juga : Biaya Kuliah Di UI Yang Terbaru

2. Beasiswa unggulan untuk S1 dan S2

Jika kamu sudah berjuang demi mendapatkan gelar S1 dan ingin melanjutkan sekolah lagi ke jenjang lebih tinggi, beasiswa unggulan adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa melanjutkan sekolah hingga S2 dan S3. Dengan mengikuti beasiswa ini, kamu dapat melanjutkan kuliah apalagi jika kamu ingin menjadi guru atau dosen. Bentuk beasiswa ini tidak hanya di dalam negeri saja loh, tetapi juga di luar negeri.

3. Beasiswa swasta

Beasiswa ini disediakan oleh pihak non pemerintah. Maksudnya adalah diberikan oleh perusahaan-perusahaan swasta yang memiliki investasi besar dan mendukung pendidikan dengan cara memberikan beasiswa.

Cara kedua adalah mengetahui bagaimana mendapatkan beasiswa untuk kuliah gratis kamu. Berikut kiat-kiat yang dapat kamu coba:

1. Kenali medan terlebih dahulu. Pahami kemauan sponsor atau donator beasiswa. Mereka pasti memiliki alasan mengapa memberikan beasiswa dan mungkin memilih kamu untuk mendapatkannya. Ketahui apa kriteria yang sedang mereka cari sehingga kamu bisa terpilih. Dengan semakin tahu kriteria pelajar yang mendapatkan beasiswa dari pihak sponsor, maka akan semakin mudah bagi kamu untuk mendapatkannya. Misalnya, boleh jadi mereka meminta IPK 3,5 atau lebih dengan prestasi organisasi yang gemilang di tingkat nasional. Nah, jika kamu bisa memenuhi kriteria tersebut, maka peluang kamu pun semakin besar.

2. Pahami aturan main

Eits, bukan berarti nggak ada aturan main untuk tawaran beasiswa ya. Banyak yang gagal karena mereka kurang memahami aturan mainnya yang bisa dari hal sepele atau yang paling fatal. Misalnya, transkrip ijazah bisa jadi harus diterjemahkan tapi tidak dipenuhi. Atau, berkas yang kelewat dari deadline untuk dikirim, batas usia yang tidak sesuai dan masih banyak lagi lainnya. Untuk itu, kamu perlu baca dulu tentang panduan dalam persyaratan beasiswa tersebut. Biasanya, mereka menyediakan eBook atau web page.

3. Buat sponsor yakin bahwa kamu pantas mendapatkan beasiswa

Cara ini yang banyak diabaikan oleh para pelajar yang hendak mengejar beasiswa. Akibatnya, panelis merasa tidak terkesan dan mereka pun gagal mendapatkan beasiswa. Tahap ini tahap yang paling penting loh. Siapkan aplikasi yang cerdas. Setelah memenuhi semua kelengkapan persyaratan, yakinkan panelis dan pihak sponsor bahwa kamu adalah yang pantas untuk mendapatkan beasiswa.

Misalnya, kamu bisa menulis motivasi pribadi yang unik. Tambahkan penjelasan-penjelasan yang mudah diterima tanpa terkesan berlebihan. Akan lebih bagus jika kamu menambahkan catatan prestasi akademik yang bahkan di atas persyaratan minimal. Bila perlu, kamu juga bisa melampirkan pengalaman-pengalaman organisasi.

4. Penuhi deadline

Percuma kalau pengajuan beasiswa yang kamu susun sempurna malah kelewat dari deadline. Jangan sampai terlambat. Kirimkan bahkan dari jauh hari sebelum deadline. Sehingga, aplikasi kamu ada di urutan paling atas dan diperiksa lebih awal.

5. Doa

Jika sudah berusaha, waktunya kamu untuk berdoa. Tuhan akan selalu memudahkan urusan orang-orang yang bersungguh-sungguh.

Itulah Cara mendapatkan beasiswa . Jangan berkecil hati dan terus berusaha ya!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...