Cara Mengatur Manajemen Keuangan Keluarga Agar Tidak Berantakan

Cara Mengatur Manajemen Keuangan Keluarga Agar Tidak Berantakan

Cara Mengatur Manajemen Keuangan Keluarga Agar Tidak Berantakan – Ketika sudah memiliki keluarga, segalanya bukan lagi soal diri sendiri. Apalagi jika berbicara soal kebutuhan sehari hari dan keuangan. Seorang suami memang memiliki kewajiban untuk mencari nafkah bagi keluarganya, namun tugas seorang istri bukan juga jadi perkara yang mudah sebab istri harus mengatur keungan keluarga. Bagaimana cara agar penghasilan suami mampu mencukupi segala kebutuhan di dalam keluarga tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar keungan keluarga terkendali, agar pemasukan lebih besar ketimbang pengeluaran.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatur keuangan keluarga anda:

Cara Mengatur Manajemen Keuangan Keluarga Agar Tidak Berantakan

1. Memahami aspek keuangan dalam keluarga

Manajemen keuangan keluarga bisa saja berjalan dengan lancar tanpa halangan jika anda mampu memahami aspek keuangan dalam keluarga anda. Anda perlu menyadari bahwa keuangna keluarga harus diatur dengan baik dan memahami semua yang bisa jadi bagiannya. Yang pertama, anda harus bisa memahami atau mengerti berapa uang yang anda miliki dalam satu bulan, anda bisa memprediksikannya. Setelah anda tahu berapa uang yang anda miliki, yang kedua anda harus tahu kebutuhan apa saja yang dibutuhkan keluarga anda. Sebaiknya anda mementingkan segala kebutuhan yang pokok dulu, yang dirasa sangat penting seperti tagihan telfon, tagihan listrik, tagihan air, belanja bulanan. Jika memang ada sisa uang, anda bisa memasukan untuk kesehatan dan juga biaya servis kendaraan anda.

2. Buat perencanaan keuangan keluarga anda

Setelah anda memahami kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi dalam keluarga anda, dan tahu berapa banyak uang yang anda miliki dalam satu bulan anda bisa membuat perencanaan atas keuangan anda. Anda harus mengatur uang yang anda miliki, dan meminimalisir segala pengeluaran. Jika anda mengatur uang anda, pasti akan tahu berapa uang yang akan dikeluarkan, kemudian berapa uang yang akan disimpan untuk berjaga jaga jika ada sesuatu yang dibutuhkan dan secara tiba tiba. Masukan juga apa yang anda inginkan dalam pengaturan keungan anda, pasti anda memiliki keinginan yang belum anda masukan dalam daftar keangan anda, sebab mendahulukan kepentingan yang penting penting. Anda bisa memasukannya ke dalam daftar pengaturan uang anda.

baca juga : Cara Menabung Yang Baik Dan Teratur

3. Keluarga anda butuh menabung

Di bagian keuangan keluarga, ada satu hal yang sangat penting dan harus mendapatkan tempat yaitu menabung. Menabung adalah kebiasaan yang baik dan sebisa mungkin harus diterapkan dalam keluarga anda. Agar keungan keluarga anda ingin lancar, maka anda juga harus menabung dan biasakan seluruh anggota keluarga menabung. Jika anda dan keluarga anda memiliki tabungan, semuanya akan terasa lebih mudah. Jika ada keadaan yang sangat penting, dan butuh uang yang ssangat banyak, anda tidak perlu bingung mencari uang anda bisa mengambil dari tabungan anda. Jangan menggunakan tabungan anda sebelum memang dibutuhkan, jika sedikit sedikit anda sudah mengambilnya bisa jadi kebiasaan, memiliki sedikit keingan langusng diambil, butuh keperluan yang tidak mendesak juga langsung di ambil. Jika begitu keuangan keluarga anda tidak akan berjalan dengan baik.

4. Bedakan mana keinginan dan kebutuhan

Keinginan dan kebutuhan adalah dua hal yang sangat sulit untuk dibedakan, terkadang kita sangat bimbang memilih mana yang memang kebutuhan dan mana yang keinginan. Memilih kebutuhan dan keinginan adalah hal yang penting, sebab jika anda mampu memenuhi kebutuhan anda sebelum memenuhi keingnan anda tentu saja keuangan keluarga anda akan terasa aman, tetapi jika sebaliknya anda sudah mementingkan keinginan anda ketimbang kebutuhan, bisa jadi keuangan keluarga anda tidak akan aman. Sebab itu, anda harus membuat tabel atau rincian mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Jika anda sudah memenuhi beberapa diantaranya, berikan tanda pada rincian atau tabel anda. Hal itu akan mempermudah.

5. Sebisa mungkin hindari hutang

Keuangan dalam keluarga memang bisa naik dan turun, kadang baik dan lancara, atau kadang juga turun dan butuh penanganan. Jika anda sedang berada dalam keuangan yang sedang buruk usahakan agar tidak meminjam uang, sebab hal itu akan membuat anda menggantungkan keuangan keluarga pada pinjaman pinjaman. Hindari sekali yang namanya hutang, maka dari itu kenapa menabung jadi hal yang sangat dibutuhkan oleh keuangan keluarga, sebab jika keungan sedang menurun anda bisa menggunakan uang tabungan anda.

Sekian informasi mengenai manajemen keuangan keluarga, semoga jadi hal yang bermanfaat untuk keuangan keluarga anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...