Mau Tahu Bocoran Cara Menghemat Listrik Ac Buat Potong Tagihan Listrik? Ini Yang Harus Kamu Lakukan!

Bocoran Cara Menghemat Listrik Ac Buat Potong Tagihan Listrik? Ini Yang Harus Kamu Lakukan!

Cara menghemat listrik AC baik AC central atau AC split perlu kamu ketahui. Seenggaknya dengan mengetahui cara menghematnya bisa membantu kamu sedikit memotong tagihan listrik supaya nggak terlalu membengkak. Apalagi saat musim kemarau atau cuaca panas, AC paling sering digunakan. Nah, untuk itu sangat penting buat kamu ketahui beberapa cara yang bisa meringankan beban biaya tagihan listrik rumah.

Mau Tahu Bocoran Cara Menghemat Listrik Ac Buat Potong Tagihan Listrik? Ini Yang Harus Kamu Lakukan!

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dari sebelum membeli AC. Untuk AC split, pilih yang sesuai dengan ukuran ruangan. Perhatikan juga faktor yang dapat mempengaruhi temperatur ruangan mulai dari lebar atau banyaknya jendela. AC yang terlalu gede akan membutuhkan banyak daya listrik yang bisa bikin penggunaan listrik boros. Untuk AC sentral, kamu harus periksa bahwa AC tersebut punya energy efficiency ratio dengan nilai 11 atau lebih dari itu untuk kamar. Walaupun harganya relatif mahal, tetapi bisa membantu anda untuk memotong tagihan listrik setiap bulannya.

Kedua, lakukan perawatan rutin. AC harus dirawat dengan diganti atau dibersihkan filternya. Unit outdoor dan indoornya juga bisa dicuci. Lakukan perawatan ini tiga bulan sekali ya, supaya AC bekerja secara optimal sehingga tidak terlalu berat dan membutuhkan banyak daya listrik.

Baca juga : Total Tagihan Listrik Rumah Bikin Jantungan? Yuk, Intip Dulu 5 Cara Menghemat Listrik Pulsa

Cara menghemat listrik AC berikutnya adalah mengatur temperature thermostat ke posisi automatic. Dengan mengatur demikian, AC dapat secara otomatis menyesuaikan temperatur berdasarkan kondisi ruangan. Atur temperature ke 25 derajat kemudian temperatur ke 29 derajat. Kalo kamu mau pergi dari ruangan, matikan AC ya.

Keempat, penggunaan AC bisa meningkat apalagi dalam kondisi cuaca panas atau musim kemarau. Solusinya adalah bagaimana membuat lingkungan di sekitar rumah anda sejuk yakni dengan menanam pohon-pohon peneduh supaya sinar matahari dapat dikurangi. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi biaya pendinginan yang bisa mencapai hingga 30%. Atau, kalo bagian rumah kamu terkena sinar matahari langsung dan membuat temperatur di dalam ruangan ikut panas, gunakan tirai atau gorden untuk menutupinya. Pasang juga awning supaya bisa memblok panas matahari yang masuk.

Kelima, jika sudah pakai AC, tutup semua lubang-lubang udara yang ada di rumah.

Keenam, saat udara benar-benar panas, gunakan kipas angin. Kipas angin mungkin dapat mengurangi kenyamanan tetapi lebih hemat dibanding menggunakan AC, apalagi saat cuaca nggak terlalu panas. Cara lainnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan AC dan kipas angin secara bersamaan. Kok gitu? Nah, dengan cara ini bisa mengurangi biaya listrik AC loh. Saat kipas angin menyala, atur AC kamu di temperatur 5 derajat.

Tujuh, pilih warna gelap untuk rumah. Kalo berencana membangun, membeli atau mengecat ulang rumah, pastikan warna yang dipilih adalah warna yang lebih terang dibandingkan bagian exterior.

Delapan, saat membangun rumah, pikirkan juga untuk menggunakan jendela reflektif. Soalnya, jendela model seperti ini bisa membantu kamu mengurangi jumlah panas yang diserap oleh rumah.

Sembilan, AC bekerja sebagai pendingin ruangan. Artinya, semua panas yang dihasilkan di dalam rumah dapat dikurangi dengan adanya AC. Dengan demikian, pastikan kamu menghindari hal-hal apapun yang bisa meningkatkan temperatur panas dalam rumah sebab saat ada banyak hal yang dapat meningkatkan panas ruangan, AC akan bekerja lebih berat dan menyedot daya yang lebih besar pula. Hal yang sering kita lakukan misalnya adalah membiarkan lampu dalam keadaan menyala saat ruangan nggak terpakai. Padahal, lampu yang menyala membuat cahayanya menghasilkan panas dan membuat AC harus bekerja lebih keras. Jadi, matikan lampu juga ya saat ruangan tidak terpakai atau tidak perlu cahaya. Begitu juga dengan computer atau perlengkapan elektonik lainnya yang dapat menghasilkan panas.

Terakhir, letakkan AC di tempat yang tinggi. Pastikan juga udara yang dihasilkan oleh AC tidak terhalang tirai atau furniture sehingga dapat membuat AC kamu kurang cepat dalam mendinginkan ruangan. Saat kerja AC lambat untuk mendinginkan ruangan, maka akan dibutuhkan daya listrik yang terus-menerus untuk membuat kamu merasa dingin dan nyaman.

Dengan melakukan 10 cara di atas, kamu bukan hanya dapat menghemat tagihan listrik AC, tetapi juga dapat memperringan kinerja AC. Saat kinerja AC dapat dibantu atau diperringan, tentu ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan seperti AC yang awet dan tidak cepat rusak sehingga usia AC bisa lebih panjang sebagai bonus cara menghemat listrik AC.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...