Total Tagihan Listrik Rumah Bikin Jantungan? Yuk, Intip Dulu 5 Cara Menghemat Listrik Pulsa

Yuk, Intip Dulu 5 Cara Menghemat Listrik Pulsa agar Total Tagihan Listrik Rumah Gak Bikin Jantungan

Total Tagihan Listrik Rumah Bikin Jantungan? Yuk, Intip Dulu 5 Cara Menghemat Listrik Pulsa –  Nggak ada orang yang terbiasa hidup tanpa listrik, apalagi kalo sudah terbiasa nonton TV, nge-charge ponsel, main laptop dan masih banyak lagi. Rasanya kalo sehari nggak ada listrik pasti lebih galau ketimbang jomblo. Yap, listrik memang bagian penting yang nggak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kita. Nyaris semua aktivitas yang kita lakukan butuh listrik setiap hari.

Total Tagihan Listrik Rumah Bikin Jantungan? Yuk, Intip Dulu 5 Cara Menghemat Listrik Pulsa

Nggak heran kalo kita rela kehilangan banyak uang demi membayar tagihan listrik atau beli pulsa listrik yang banyak setiap bulannya. Tapi, kalo total tagihan listrik bikin jantungan apalagi kalo lagi banyak kebutuhan, gimana dong?

Sebenarnya jawaban itu ada di kita sendiri. Faktor lupa, meremehkan dan kebiasaan buruk untuk tidak mematikan lampu, mencabut charger HP, membiarkan TV nyala saat nggak ada yang nonton, dan lainnya adalah bagian dari alasan bengkaknya tagihan listrik.

Supaya nggak kaget dengan tagihan pulsa atau pulsa listrik rumah yang cepet habis, ini dia 5 cara menghemat listrik pulsa buat kamu

Pertama, biasakan selalu mematikan lampu kalo mau pergi dari kamar atau ruangan lainnya. Pokoknya, setiap mau keluar dari pintu kamar, pastikan lampunya mati dulu. Kalo ditunda, nanti keburu lupa. Alasan kenapa pulsa token prabayar listrik kamu cepet habis adalah kebiasaan buruk menunda matikan lampu kamar sampai berujung lupa dan nyala terus. Semua alat elektronik yang ada di kamar juga harus dicabut. Atau, kalo memang kebiasaan kamu sudah parah dengan membiarkan lampu terus menyala, ganti saja bohlamnya dengan yang hemat energi atau yang dikenal sebagai lampu LED.

Baca juga : Belum Akhir Bulan, Uang Sudah Habis? Ini 7 Cara Menghemat Uang Bulanan Biar Nggak Gigit Jari!

Kedua, hal yang nyaris dilakukan oleh masyarakat luas adalah membarkan cabut steker dari lubang aliran listrik. Setelah mengisi baterai, kita memang suka membiarkan steker dari lubang aliran listrik karena memang ribet kalo harus nyari steker saat mengisi baterai dan melepasnya kalo sudah selesai. Padahal, mencabut steker kalo dipikir-pikir nggak membutuhkan waktu yang banyak. Atau mungkin, karena kita pikir kalo tidak sedang mengisi baterai, charger laptop atau HP nggak akan nyedot listrik. Well, itu salah besar! Justru dengan membiarkan charger terus terpasang, walaupun dipakeí atau nggak tetap aja nyerap daya listrik yang cukup besar apalagi kalo dibiarkan setiap hari.

Kalo memang nggak kebiasa mencabut charger, disarankan untuk menggunakan lubang aliran listrik yang dilengkapi stop kontak. Jadi, nggak perlu cabut charger lagi, tinggal tekan stop kontak dan semua aliran listrik dapat terputus guna menghemat energi.

Ketiga, hal lain yang bikin pengeluaran listrik bikin jantungan adalah masalah kulkas. Saat pintu kulkas dibiarkan terbuka lebar apalagi dalam waktu yang lama, sudah pasti akan memperbesar energi yang harus dikeluarkan dan akan menyerap listrik lebih banyak. Nah, kalo kamu mau masak dan bolak-balik cek kulkas atau dibiarkan terbuka biar enak ambil ini-itu, mendingan sebelum masak, keluarkan semua bahan yang dibutuhkan dari kulkas, lalu ditutup. Periksa semua bahan dua kali sampai benar-benar nggak ada yang kelupaan. Cara ini bisa menghemat tagihan listrik loh.
Masalah kulkas itu sebenarnya juga sama dengan AC. Kalo pakeí AC, sebaiknya ruangan harus tertutup. Pakai AC saat tidur saja atau saat cuaca benar-benar panas. Matikan AC kalo ingin meninggalkan ruangan.

Empat, manfaatkan sinar matahari. Sinar matahari bisa menjadi alternatif untuk menghemat listrik. Jadi, jangan apa-apa sedikit-sedikit listrik ya. Apalagi untuk masalah cucian. Gunakan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian. Jangan mengandalkan pengering mesin cuci yang sudah pasti bisa menaikkan total tagihan listrik. Kamu boleh menggunakan pengering mesin cuci saat musim hujan yang gampang mendung dan bikin baju lembab. Soalnya, kalo mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari, bisa sekaligus mematikan semua kuman yang menempel.

Terakhir, kalo sudah bisa membiasakan diri dengan empat cara tersebut, waktunya untuk memberi pengertian kepada seluruh penghuni rumah. Kalo satu bisa berhemat, tentu yang lain juga bisa diberikan pengertian. Logikanya, jika satu orang bisa menghemat 500 perak untuk pengeluaran listrik setiap hari, maka bagaimana jika seisi rumah bisa menghemat hal yang sama? Tetap sabar dan amati semua yang dapat membuaat listrik kamu menjadi boros ya. Sebab untuk perubahan kecil terutama dengan hal-hal yang sudah biasa kita lakukan yang dapat membuat boros penggunaan listrik itu nggak mudah prosesnya. Saling menegur dan mengingatkan bisa menjadi kunci utama untuk mencegah pemborosan listrik.

Itulah informasi tentang cara menghemat listrik pulsa.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...