Belum Akhir Bulan, Uang Sudah Habis Ini 7 Cara Menghemat Uang Bulanan Biar Nggak Gigit Jari!

Ini 7 Cara Menghemat Uang Bulanan Biar Nggak Gigit Jari sebelum Akhir Bulan

Cara menghemat uang bulanan – Jadi anak kost, anak kontrakan atau anak apalah yang bikin kamu jauh dari orang tua harus membuat kamu muter otak untuk mengatur keuangan. Semua orang yang jauh dari keluarga mungkin sudah terbiasa. Tapi, kalo kamu baru pertama kali harus tinggal sendiri dan ngatur keuangan kamu, jangan sampai kelabakan gara-gara uang sudah abis padahal belum akhir bulan. Bakalan gigit jari juga kalo sampai belum gajian.

Belum Akhir Bulan, Uang Sudah Habis Ini 7 Cara Menghemat Uang Bulanan Biar Nggak Gigit Jari!

Nah, gimana ya cara menghemat uang bulanan yang sudah dijatah dari orang tua supaya nggak cepet habis sebelum waktunya?

1. Bikin list dulu sebelum belanja

Membuat list atau catatan sebelum belanja bisa jadi cara ampuh untuk menghemat uang jajan. Periksa catatan supaya kamu tahu mana kebutuhan dan mana yang sekedar dibutuh-butuhkan. Pas dapat uang dari orang tua, jangan langsung belanja karena cara ini malah bikin kamu malah boros.

Jangan juga menganggap semua barang kebutuhan semuanya habis apalagi kalo persediaan masih ada hingga pertengahan atau akhir bulan. Belanjalah hanya saat barang tersebut sudah mau habis dalam seminggu ke depan. Dana harus dialokasikan guna memenuhi kebutuhan bulanan kamu. Kamu nggak perlu belanja jika barang tersebut masih banyak kuantitasnya.

Baca juga : Syarat Syarat Pensiun Dini Di Indonesia

2. Rajin survey harga biar bisa makan enak sambil hemat

Makan enak bukan berarti harus mahal loh. Sebelum makan, kamu bisa survey dulu. Ada banyak cara via online yang bisa memudahkan survey kamu kalo kamu mau coba makan enak di kafe atau restoran. Misalnya dengan baca blog orang, Tanya teman yang sudah pernah mampir dan lainnya. Dengan mengamati semua review yang diberikan tentang tempat makan itu, kamu juga bisa atur budget untuk makan.

3. Ambil uang bulanan di ATM harus ada jadwal tetap

Hampir semua orang punya kebiasaan ambil uang bulanan di ATM saat merasa butuh, tapi cara ini malah bikin kamu makin boros. Soalnya, kebutuhan setiap hari adalah beli bensin dan makan. Apalagi kalo pas laper mata, pasti semuanya jadi pengen dibeli.

Nah, dengan membuat jadwal ambil uang bulanan di ATM, kamu bisa menahan diri untuk tidak beli ini-itu. Misalnya, penarikan di ATM hanya boleh dilakukan tiap tanggal 20 saja. Jadi, untuk keinginan sesaat, bisa hilang dan kebutuhan yang penting pun bisa dibeli.

4. Belajar mandiri dengan cuci baju sendiri

Cara efektif berikutnya untuk tetap berhemat adalah dengan mencuci baju sendiri. Walau terdengar bakal menyita waktu kamu, seenggaknya kamu bisa coret kebutuhan uang laundry dari pengeluaran kamu. Jika biasanya kamu harus menyediakan uang laundry hingga 100 ribu rupiah, sekarang kamu bisa tabung uang tersebut untuk makan, atau untuk beli gadget yang kamu inginkan.

Apalagi buat kamu yang males keluar rumah untuk olahraga, cuci baju sendiri bisa jadi alternatif untuk berolahraga.

5. Jangan sedikit-sedikit bawa motor, jalan lebih enak

Solusi untuk berhemat lainnya adalah dengan jalan kaki daripada sedikit-sedikit bawa motor. Harga bensin itu lumayan kalo dikalikan per liternya. Dengan jalan kaki, kamu nggak akan rugi. Selain bisa cuci mata sepanjang jalan, kamu bisa hemat dan sehat karena bisa olahraga.

6. Tahan diri dari godaan diskon

Barang-barang yang lagi ada diskon tentu bisa bikin kamu cepet-cepet pengen beli padahal kamu nggak butuh itu dan nggak ada dalam list belanja kamu. Faktanya, diskon itu kebanyakan barang model lama, hanya harganya sedikit dinaikkan sebelum dijual dan dikasih embel-embel diskon, karena lebih terdengar menarik dan murah.

Mendingan, uang kamu ditabung dulu supaya kamu bisa membeli barang serupa dengan harga yang mungkin bisa lebih murah tetapi dengan kualitas yang bahkan lebih baik.

7. Cari kafe atau lokasi nongkrong dengan Wi-Fi gratis

Kebutuhan penting lainnya apalagi untuk anak kuliahan adalah tuntutan koneksi internet. Soalnya, tugas yang kamu buat pasti banyak membutuhkan referensi yang bisa diakses melalui internet. Nah, sambil makan hemat cari Kafe atau lokasi nongkrong yang dilengkapi dengan Wi-Fi gratis. Cara ini bisa bikin kamu lebih hemat daripada pergi ke warnet. Sebab, biaya ke warnet yang harus kita sediakan paling sedikit 5 ribu rupiah.

Kalo memang nggak ada Wi-Fi gratis di kota kamu, kamu juga bisa menggunakan modem daripada harus bayar warnet. Ada banyak pilihan kuota dengan harga variatif. Semua bisa kamu pilh berdasarkan kebutuhan. Jika kuota habis, beli kartu perdana lagi untuk mengikuti promo.

Nah, itulah 7 cara menghemat uang bulanan supaya nggak habis sebelum waktunya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...