Cara Menghemat Uang Jajan, Mau Tahu atau Mau Tahu Banget?

Cara Menghemat Uang Jajan, Mau Tahu atau Mau Tahu Banget?

Cara Menghemat Uang Jajan –  Saat duduk di bangku kuliah, kamu mungkin memiliki banyak pengalaman menyenangkan. Mulai dari ikutan organisasi, setelah jam kuliah bisa kumpul bareng temen-temen di tempat karaoke, nyanyi bareng, bikin tugas rame-rame dan masih banyak lagi. Tetapi, bagi yang punya uang saku pas-pasan apalagi cewek, banyak hal yang harus ditahan supaya uang jajan bisa digunakan untuk kebutuhan kuliah lainnya. Tapi, bisa menjadi hal yang sulit kalo kamu termasuk orang yang susah mengendalikan keinginan kamu. Dalam artian, ketika kamu melihat barang bagus, kamu langsung kepincut dan pengen beli. Pecahin celengan dan gagal lagi nabung untuk target kamu yang lain.

Cara Menghemat Uang Jajan, Mau Tahu atau Mau Tahu Banget?

Nah, mau tahu bagaimana cara menghemat uang jajan supaya lebih efektif? Ini dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

1. Biasakan sarapan di rumah

Gimana mau hemat kalo suka sarapan diluar? Biasakan sarapan di rumah. Kalo beli sarapan di kampus setiap hari harus bayar Rp 10.000 misalnya nih, udah kebayang kan kalo dalam sebulan kamu sudah ngabisin uang hampir Rp. 300.000. Padahal, uang segitu bisa dibuat belanja lainnya, misalnya sepatu atau tas baru untuk ke kampus.

Apalagi, sarapan di rumah lebih terjamin kebersihannya. Selain dimasakin ibu dengan penuh cinta, sarapan di rumah dengan sayuran lebih memberikan gizi yang cukup daripada sarapan di kampus pakeí mie instan.

Baca juga : Cara Mengatur Manajemen Keuangan Keluarga Agar Tidak Berantakan

2. Membawa bekal perlu dijadikan kebiasaan baru

Cara lainnya untuk berhemat dan menabungkan sebagian dari uang jajan kamu adalah bawa bekal. Nggak perlu malu lagi. Dengan membawa bekal, kamu bisa mengurangi pengeluaran uang saku sebab kamu nggak perlu beli lagi saat jam makan siang. Kalo gengsi dengan membawa bekal makanan besar dengan isi nasi atau sayur dan sebagainya sekaligus kamu nggak mau ribet, bikin yang lebih simpel aja. Misalnya, kamu bisa membawa roti sandwich dan air mineral juga buah seperti jeruk.

3. Hidup itu nggak perlu mahal dan gengsi.

Siapa sih yang bilang kalo anak sekolah atau anak kuliahan itu kebutuhannya banyak? Kebutuhan sekolah dan kuliah paling juga cuma peralatan tulis, biaya fotocopy, print makalah dan uang kas. Itupun tidak akan memakan banyak uang jajan yang kamu punya. Artinya, yang bikin sekolah atau kuliah kelihatan mahal adalah gaya hidup misalnya nongkrong di cafe yang mahal padahal menunya sama kayak di warung deket kampus atau lainnya. Murah, yang penting dapet dan bisa berfungsi.

4. Nikmati fasilitas gratisan

Nah, ini dia yang bisa kamu manfaatkan. Jangan salah, ada banyak fasilitas gratisan yang ada di sekitar kampus. Misalnya nih, Wifi gratis, baca buku gratis di perpustakaan, drinking fountain gratis dan masih banyak lagi. Cara ini bisa bikin kamu lebih hemat sebab kamu nggak perlu lagi beli kuota internet, bayar sewa warnet atau belajar bareng di rumah teman kamu yang ada WiFinya. Hehehe.

Selain itu, kalo kamu punya sahabat karib, pasti bersedia banget untuk menjadi ojek kamu kemanapun. Sebab yang namanya sohib itu nggak bakal membiarkan uang jajan kamu kepake buat naik angkot. Ya kan? Apalagi yang punya pasangan, urusan hemat uang jajan harusnya lebih mudah soalnya sudah pasti bakal di antar jemput.

5. Kerja, kerja!

Kerja sambil kuliah itu juga bagus loh. Cari informasi tentang kerja paruh waktu. Selain bikin kamu belajar kalo nyari duit itu susah, kamu juga belajar untuk mengatur waktu. Jadi, kamu benar-benar mengerti bahwa waktu itu nggak pantas buat disia-siakan. Ada banyak pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu sesuaikan dengan jam kuliah. Misalnya dengan menjadi penulis artikel online, jaga toko, jadi waitress dan masih banyak lagi. Jangan malu kalau ada teman yang lihat kamu bekerja. Merekalah yang harusnya malu. Sebab, kamu mencari biaya kuliah dan jajan tanpa menyusahkan orang tua. Kamu pun menjadi pribadi yang lebih mandiri dan pasti semua pelajaran tersebut dapat bermanfaat untuk hidupmu nantinya.

6. Sebelum belanja, ditabung dulu

Sebelum belanja, sebaiknya disisihkan sebagian untuk ditabung. Prinsipnya, kamu nggak boleh belanja kalo belum memasukkan beberapa lembar uang di celengan atau bank. Walaupun sedikit, nggak masalah. Yang penting nanti juga bisa jadi bukit.

7. Riset harga sebelum shopping, biar bisa nabung

Terlebih dahulu, lakukan riset harga. Kalo urusan shopping, kamu harus pelit. Jangan sampai pedagang lebih cerdik dari kamu dan kamu percaya begitu saja. Banyak pedagang yang melambungkan harga barang lebih dari pedagang yang lain. Maka dari itu, jangan pernah buru-buru membeli barang yang kamu sukai. Nanti kalau ketemu harga yang lebih murah, siapa yang miris? Dengan mencari harga yang murah, selisih harga bisa dimanfaatkan untuk ditabung.
Itulah beberapa Cara Menghemat Uang Jajan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...