informasi-keberangkatan-haji

Menunggu Informasi Keberangkatan Haji Tapi Nggak Tahu Caranya? Baca Ini!

Informasi Keberangkatan Haji  – Semua orang yang sudah mendaftar haji tentu saja tidak sabar untuk segera berangkat baik yang sedang melunasi pembayaran atau yang sudah lunas dan tinggal menunggu nomor keberangkatan. Sehingga, informasi keberangkatan haji menjadi sangat penting supaya kita bisa menyiapkan kesehatan jasmani serta rohani dan menyiapkan keperluan lainnya yang bisa membantu ibadah kita serta kebutuhan kita selama tinggal di Arab Saudi.

BACA JUGA : Mau Buka Tabungan Haji? Yuk Cari Tahu Dulu Informasi Ongkos Naik Haji

menunggu-informasi-keberangkatan-haji-tapi-nggak-tahu-caranya-baca-ini

Nah, bagaimana jika sudah mendaftar haji dan belum tahu cara mendapatkan informasi keberangkatannya? Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama, perlu diketahui bahwa saat mendaftar haji, kita diharuskan menunggu beberapa tahun dulu dan tidak mungkin langsung berangkat. Sebab, terdapatnya sistem nomor porsi haji yang bisa dikatakan sebagai nomor artian. Jadi, nomor porsi haji adalah nomor urut pendaftaran yang kamu peroleh saat membayar setoran awal di bank penerima setoran haji. Persyaratan jumlah setoran awal bisa mencapai 30 juta rupiah.

Nomor porsi haji digunakan sehingga kamu bisa memeriksa daftar tunggu haji dengan mudah yakni menggunakan internet atau online. Memeriksa daftar tunggu haji dengan online bisa membuat kamu lebih mudah melakukan persiapan seperti melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji atau BPIH. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan segala sesuatu yang akan kamu bawa. Selain itu, dengan mengetahui daftar tunggu haji, kamu bisa mempelajari semua ilmu dan tata cara haji dengan lebih matang.

Biasanya, nomor porsi haji ada dalam lembar bukti setoran awal yang kamu lakukan di bank penerima setoran haji. Nomor tersebut umumnya terdiri dari 10 digit angka dan nomor ini bukanlah nomor SPPH atau Surat Pendaftaran Pergi Haji. Misalnya, nomor haji bisa 1000067893.

Lantas bagaiman melakukan pemeriksaan nomor porsi haji kamu? Sebab nomor porsi haji menentukan informasi keberangkatan haji, caranya bisa dengan mengakses website resmi milik Kementrian Agama dengan mengunjungi http://haji.kemenag.go.id/v2/ dan kamu tinggal mengisi nomor porsi milikmu pada kolom ìPerkiraan Berangkat Nomor Porsiî dan klik tombol ìCariî. Jika kamu punya kendala dengan koneksi internet, kamu bisa meminta agen travel dimana kamu mendaftar ibadah haji untuk memeriksanya.

Jadi, untuk cari tahu kapan giliran kamu berangkat haji, selalu simpan setoran awal BPIH. Catat juga nomor porsi resmi yang sudah tercantum di setoran tersebut.

BACA JUGA : Mau Berangkat Haji? Yuk Belajar Tata Cara Haji Dan Umroh Dulu!

informasi-keberangkatan-haji

Untuk mendapatkan bukti setoran awal BPIH yang dilengkapi dengan nomor porsi haji, sudah pasti bahwa kamu harus melakukan pembayaran setoran awal terlebih dahulu. Biasanya, setoran awal yang dibutuhkan adalah 25 juta rupiah dan pembayaran di lakukan ke BPS atau bank.

Kedua, untuk jemaah haji plus dan mendaftar haji dengan bantuan travel haji, sudah jadi hak kamu untuk meminta bantuan travel tersebut untuk mendapatkan nomor porsi atau memeriksakannya. Namun, bila kamu tidak mendapatkan nomor porsi sebagai bukti calon haji legal, artinya kamu belum terdaftar di Departemen Agama. Bisa jadi, agen travel yang kamu pilih telah memproses dengan cara illegal yang bisa membuat kamu tidak diperkenankan berangkat ke Arab Saudi saat ada pemeriksaan di bandara atau bahkan terlantar di Arab Saudi dan tidak diperkenankan untuk melakukan ibadah haji jika terkena pemeriksaan disana.

Maka dari itu, sebelum memilih agen travel, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Atau, tanyakan tentang nomor porsi beserta buktinya dari pelanggan sebelumnya.

Ketiga, bersabarlah dalam menunggu antrian berangkat. Jangan cemas jika kamu sudah melunasi pembayaran tapi belum juga diberangkatkan. Sebab, walaupun tergolong sebagai haji plus, tetap saja dibutuhkan beberapa tahun lagi untuk bisa berangkat dikarenakan nomor antrian yang panjang.

BACA JUGA : Merencanakan Biaya Haji Plus Saat Masih Usia Muda? Baca Dulu Kiat-Kiat Berikut

Empat, perlu dicatat bahwa jika kamu memperoleh nomor porsi sudah pasti bahwa kamu adalah jamaah haji kuota Depag Resmi. Sedangkan jika tidak memperoleh nomor porsi sudah pasti bahwa kamu adalah jemaah haji non-kuota.
Perlu dicatat bahwa jika saat ini kamu mencoba memeriksa estimasi pemberangkatan calon haji, artinya database sedang diperbaiki. Kemenag selalu melakukan perbaikan database secara rutin. Cek lain hari jika saat ini kamu tidak bisa memeriksanya.

Sedangkan jika kamu ragu dengan memeriksa melalui internet untuk melihat estimasi pemberangkatan calon haji, kamu bisa datang secara langsung ke Kantor Wilayah Kemenag dimana kamu mendaftar. Cara lainnya adalah dengan menghubungi call center haji di Kemenag di nomor berikut: 021-500425.

Nah gimana? Kamu tidak perlu menunggu untuk mendapatkan informasi keberangkatan haji sebab kamu bisa melakukan beberapa cara di atas supaya kamu bisa mempersiapkan segala hal.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...