Kuliah Diluar Negeri Dan Beberapa Hal Yang Harus Disiapkan Buat Studi Kamu!

Kuliah Di luar Negeri Dan Beberapa Hal Yang Harus Disiapkan Buat Studi Kamu!

Kuliah Di luar Negeri  – Kebanyakan dari para pelajar pelajar Indonesia memiliki keinginan besar untuk dapat kuliah atau sekolah diluar negeri, untuk mencapai cita-cita besar dari diri mereka.

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Beasiswa Biar Kuliah Bisa Gratis

Kuliah Di luar Negeri Dan Beberapa Hal Yang Harus Disiapkan Buat Studi Kamu!

Namun kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa kuliah di luar negeri tidaklah mudah, hingga banyak pula yang menyerah di tengah jalan, karenanya ada yang merasa kurang nya kemampuan dalam berbahasa inggris, kurangnya nilai/skor toefl nya yang tidak memenuhi, bisa juga karena ingin mengikuti tes beasiswa diluar negeri tapi sudah takut dan minder akan gagal, karena melihat pesaing-pesaing lain dengan nilai rapornya atau IPK yang jauh lebih tinggi, atau takut akan biaya yang mahal karena biaya merupakan hal yang paling utama untuk kehidupan dan pendidikan selama kamu disana.

Akan tetapi jika kamu mempunyai tekat dan semangat untuk mencapai cita-cita dengan belajar di luar negeri, yakinlah pasti semua masalah dapat terselesaikan.

Memang tidaklah mudah, maka dari itu kamu harus mempersiapkan beberapa hal supaya bisa lebih mudah untuk melanjutkan pendidikan diluar negeri dan juga harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan pada universitas, tidak hanya persiapan itu saja persiapan mental juga sangatlah perlu selama menempuh pendidikan di negeri lain, karenanya disana kamu akan menemukan banyak hal yang berbeda dan bertolak belakang dari suasana tempat tinggal kamu.

BACA JUGA : Biaya Kuliah Di UI Yang Terbaru

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa melanjutkan pendidikan  diluar negeri dan beberapa persyaratan yang sering diharuskan oleh penyelenggara atau Universitas

Hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk kuliah di luar negeri yaitu:

1. Kamu harus benar-benar yakin untuk bisa hidup mandiri, mengurus diri sendiri ketika jauh dari orang tua dan keluarga, dinegeri lain pastinya menggunakan bahasa yang berbeda sehingga ketrampilan berbahasa sangatlah penting agar kamu tidak terlalu kesulitan untuk berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru kamu.

Bila kemampuan berbahasa inggris ada masih minim, ada baiknya kamu dapat mengikuti kursus atau dapat belajar dari berbagai sumber sebagai tambahan wawasan untuk mengasah kemampuan berbahasa.

2. Disetiap negara memiliki persyaratan pendaftaran dan waktu lama pendaftaran yang berbeda, sehingga kamu harus selalu mencari informasi tentang program yang akan kamu minati secepat mungkin setelah kamu berniat untuk kuliah diluar negeri terutama bila kamu memiliki keinginan untuk mendapatkan beasiswa.

3. Kelengkapan dokumenSebagai warga negara yang berada di negara lain, tentunya kamu harus mengurus beberapa dokumen penting salah satunya visa, karena jika kamu tidak memilki visa tentunya kamu tidak dapat pergi keluar negeri selain itu juga dokumen yang harus dilengkapi seperti KTP dan Kartu Keluarga. Bila dokumen belum lengkap segeralah dilengkapi.

4. Jika kamu ingin memilih mata kuliah yang sesuai dan pastinya juga bermanfaat, pastinya kamu harus memikirkan dan mempertimbangkan jurusan yang di inginkan dan universitas yang akan dituju, pilihlah universitas yang bagus,  ternama atau terkenal karena suatu universitas juga mempengaruhi mutu dari setiap mahasiswa.

Contoh bila suatu universitas tidak mempunyai fasilitas yang lengkap dan memadai tentunya dapat menjadikan permasalahan ketika melaksanakan perkuliahan.

Ada baiknya pilihlah jurusan sesuai kemampuan kamu dan ambil jurusan yang memiliki prospek karir yang bagus dimasa depan , semakin bagus universitas dan juga jurusan yang di pilih akan memberikan peluang untuk kesuksesan kamu.

Setelah kamu sudah yakin dengan jurusan yang kamu pilih dan menemukan universitas yang bagus, selanjutnya kamu perlu mencari beberapa informasi-informasi mengenai persyaratan yang diminta oleh universitas dan jurusan. Biasanya persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda pada setiap jurusan meskipun pada satu universitas.

Persyaratan yang sering ditentukan oleh suatu universitas biasanya seperti berikut ini,

1. Kelancaran Berbahasa Inggris

Tentunya kamu harus membuktikan kemampuan kamu dalam berbahas Inggris, yang biasanya dibuktikan dengan mengikuti ujian berbahasa inggris, kebanyakan sertifikat ujian yang sering diminta oleh institusi diluar negeri yaitu International English Language Testing System atau IELTS.

BACA JUGA : Biaya Kuliah Universitas Terbuka Yang Paling Update

Tes IELST ini biasanya di Indonesia banyak yang mengadakan, skor yang biasa dimintai oleh institusi yaitu 5.5 atau 6 atau (sesuai dengan jurusan dan universitas).

Jika kamu merasa belum siap mengikuti tes IELST, kamu bisa terlebih dahulu mengikuti kelas atau kursus bahasa inggris, atau bisa juga mengikuti kursus persiapan tes IELST yang biasanya diselenggarakan oleh kursus-kursus bahasa asing.

Untuk itu disarankan bagi kamu yang memang benar-benar ingin kuliah diluar negeri, harus mempersiapkan semua dari jauh-jauh hari, semilih jurusan secepat mungkin, agar memiliki banyak waktu untuk melakukan kelas persiapan tes IELST dan mengikuti tes IELSTnya.

2. Persyaratan Akademis

Pelajar-pelajar internasional yang akan melanjutkan pendidikannya keluar negeri harus menyelesaikan tingkat pendidikan nya untuk dapat diterima di suatu universitas atau institusi pendidikan di luar negeri, mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya keluar negeri biasanya harus menunjukan bukti bahwa telah menyelesaikan pendidikan selama 12 tahun dari SD, SMP dan SMA. Atau lebih baik lagi jika kamu memiliki kualifikasi internasional misal A-level, international baccalaureate Diploma dan kualifikasi-kualifikasi lain yang setara.

Itulah tadi beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dan persyaratannya jika ingin kuliah di luar negeri. Melanjutkan pendidikan keluar negeri satu cara agar menambah ilmu dan wawasan kita, namun kuliah di dalam maupun diluar negeri akan sama saja, yang terpeting adalah  kesungguhan dalam belajar, harus rajin dan yang terpenting semangat mencapai cita-cita.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...