Selalu Kehabisan Uang Saat Gajian? Terapkan 5 Cara Ini Dalam Mengatur Keuangan Pribadi

Terapkan 5 Cara Ini Dalam Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Selalu Kehabisan Uang Saat Gajian

Selalu Kehabisan Uang Saat Gajian? Terapkan 5 Cara Ini Dalam Mengatur Keuangan Pribadi – Anda tentu sering mengalami masalah keuangan yang tiba tiba saja membengkak tiap bulannya? Dan hal ini membuat anda bingung karena tidak tahu uang anda dihabiskan untuk apa saja. Anda selalu merasa bahwa tidak pernah membeli apa apa tapi tiba tiba saja uang anda habis. Hal ini juga sering dialami oleh karyawan ketika akhir bulan. Walaupun anda mempunya gaji yang besar dari perusahaan tempat anda bekerja tetap tidak akan cukup jika anda mempunya pengelolaan keuangan yang buruk. Untuk itu mengatur keuangan pribadi saat anda menerima gaji anda penting agar bias memiliki tabungan atau investasi. Untuk hal ini kami akan memberikan beberapa tips yang diharapkan bermanfaat untuk management keuangan pribadi anda.

Selalu Kehabisan Uang Saat Gajian? Terapkan 5 Cara Ini Dalam Mengatur Keuangan Pribadi

Berikut 5 Cara Cerdas Untuk Mengatur Keuangan Pribadi Saat Gajian :

  1. Buat Catatan Keuangan Bulanan Anda

Hal pertama yang harus anda miliki untuk bias mengatur keuangan anda adalah memiliki laporan keuangan atas pendapatan dan pengeluaran anda tiap bulannya. Ini bertujuan agar anda bias mengetahu kemana arus uang anda keluar dan apakah penghasilan anda saat ini mampu memenuhi kebutuhan anda yang tidak bisa dihilangkan. Melalui keuangan pribadi juga, anda bisa mengontrol pengeluaran konsumtif anda.

Baca juga : Perlindungan Konsumen Untuk Warga Indonesia

  1. Buat Pos Keuangan

Warren buffet, seorang investor handal di bidang Saham pernah berkata “ Jangan Pernah Menyimpan Telur Anda Dalam Satu Keranjang”. Hal ini bisa bermakna bahwa pengaturan pos Keuangan merupakan hal yang sangat krusial dalam pengelolaan keuangan pribadi anda. Sebagai contoh, bagilah pos keuangan pribadi anda menjadi 5 pos (Kebutuhan sehari hari, Hiburan, Saving, Investasi, dan Sedekah). Saat anda menerima gaji/penghasilan segera sebar ke beberapa pos keuangan tersebut. Buat presentase berapa persen yang anda akan sisihkan di tiap posnya. Misalnya Kebutuhan sehari hari (20%), Hiburan (10%), Saving (30%), Investasi (20%), dan Sedekah (10%). Disiplinkan diri anda untuk tidak menggunakan uang di luar pos pos yang telah anda buat. Jangan pernah menggunkan uang melebihi pos yang telah anda sediakan.

  1. Milikilah Sumber Keuangan Tidak Hanya Satu

Jika kebutuhan pribadi anda sangat besar dan penghasilan anda saat ini sangat kurang untuk memenuhinya sudah saatnya anda memikirkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Warren buffet pun selalu menyarankan untuk memiliki banyak sumber keuangan. Sehingga jika disalah satu sumber keuangan anda macet, anda masih bisa mengandalkan sumber keuangan lainnya. Mulai lah melirik lirik bisnis yang jadi hobbi anda. Biasanya ini lebih mudah menjalaninya karena anda sudah tahu seluk beluk menjalankannya.

  1. Cerdaslah dalam Berutang

Dalam pandangan awam, kadang memiliki banyak utang dipandang sesuatu yang negative. Tapi lain halnya jika anda cerdas dalam berhutang. Hutang buruk ketika anda mencoba menggunakan uang hasil berutang anda untuk hal hal yang bersifat konsumtif dan sama sekali tidak memberikan pertambahan nilai. Utang akan sangat bermanfaat jika digunakan untuk membeli hal hal yang akan memberikan pertambahan nilai seperti berhutang untuk membeli emas, tanah, atau rumah kos kosan. Cerdaslah dalam berhutang.

  1. Jangan Lupa Bersedekah

Konsep sedekah bukan hanya harus diamalkan oleh yang beragam Islam saja. Karena hal ini sebenarnya adalah nilai kebaikan yang harusnya diamalkan oleh setiap manusia. Berbagi dengan sesama tidak akan mengurangi harta anda, malah kebalikan dengan anda semakin sering berbagi kepada orang orang yang membutuhkan maka rezeki anda akan terus dilipatgandakan. Lihat saja Warren Buffet yang malah menyumbangkan hampir sebagian besar hartanya untuk foundation milik Bill gates.  Untuk itu pos sedekah harus ada dalam rencana pos keuangan anda. Sisihkan sebagain penghasilan anda untuk berbagi kepada sesama karena harta yang anda dapatkan terdapat hak orang lain di dalamnya yang harus tetap anda salurkan untuk membersihkan harta.

Sekian tips dari kami tentang 5 Cara Cerdas Untuk Mengatur Keuangan Pribadi Saat Gajian semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...