Yuk, Cari Tahu Menghitung Suku Bunga Pinjaman Bank Sebelum Ambil Kredit Bank

Yuk, Cari Tahu Menghitung Suku Bunga Pinjaman Bank Sebelum Ambil Kredit Bank

Suku bunga pinjaman bank – Bank berfungsi menghimpun dana dari masyarakat dan dijadikan simpanan. Bank juga merupakan lembaga intermediasi yang menyalurkan dana tersebut untuk kepentingan masyarakat yang bisa diwujudkan dalam bentuk kredit. Jadi, anggota yang menyimpan dana di bank bisa saja menerima bunga sebagai bentuk imbalan yang diberikan oleh bank. Hal ini disebut sebagai bunga simpanan, namun bagi anggota yang memilih menggunakan fasilitas kredit dari bank, sudah pasti harus membayar bunga kredit setiap bulannya.

Yuk, Cari Tahu Menghitung Suku Bunga Pinjaman Bank Sebelum Ambil Kredit Bank

Bank selalu menyampaikan suku bunga simpanan atau juga kredit, entah kita mengerti atau tidak. Apalagi bagi nasabah yang memilih rekening simpanannya digunakan sebagai fasilitas sistem pembayaran bank seperti misalnya internet banking atau ATM, artinya nasabah jenis ini tidak begitu memperhatikan atau peduli dengan jumlah bunga yang diterima. Tetapi, sebaiknya kita perlu tahu bagaimana perhitungan suku bunga di bank sehingga bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

Umumnya, perhitungan bunga walaupun itu simpanan atau kredit, dilakukan setiap harinya tetapi pembukuan dilakukan per bulan. Jadi, penghitungan bunga berdasarkan saldo yang mengendap atau saldo yang terutang pada akhir hari sedangkan pembukuan bunganya dilakukan pada rekening nasabah setiap sebulan sekali. Bunga simpanan juga akan dibayarkan ke nasabah dan dibebankan pajak bunga oleh negara dengan besaran 20% dari bunga yang kita terima. Biasanya, pembebanan biaya pajak bunga dilakukan secara bersamaan dengan pembayaran bunga oleh bank.

Baca juga : Mau Belajar Hemat Dengan Mencari Bunga Pinjaman Bank Terendah? Coba Aja Cara Berikut!

Nah, kalau kamu hendak melakukan kredit pada bank, hal yang harus diperhatikan adalah plafon yang ditawarkan serta angsuran yang harus dibayarkan untuk melunasi pinjaman tersebut. Saat menghitung suku bunga pinjaman bank, bukan berarti total pembayaran dikurangi jumlah pinjaman kamu, begitu saja. Tidak. Besarnya bunga yang dikenakan itu berdasarkan pada jenis kredit yang kamu ambil yang dapat mempengaruhi nilai total pinjaman. Tiap kredit sudah pasti memiliki tipe bunga sendiri-sendiri dan tidaklah sama. Maka dari itu, cara menghitung bunga dan jenis bunga harus diketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan mengambil pinjaman di bank.

Ada beberapa jenis bunga yang harus kamu ketahui. Pertama adalah bunga pinjaman secara flat. Misalnya, kamu mengajukan kredit KTA 120 juta dan jangka waktunya adalah 12 bulan. Bunga yang dikenakan sebesar 10% setiap tahunnya secara flat. Artinya:

Suku bunga pinjaman bank

Cicilan pokoknya adalah 120 juta dibagi 12 bulan menjadi 10 juta per bulan.
Sedangkan bunganya adalah 120 juta dikali 10% dibagi 12 bulan adalah 1 juta.
Dan angsuran per bulannya adalah 10 juta ditambah 1 juta menjadi 11 juta.

Karena bunga flat, jadi angsuran dari awal hingga sampai lunas adalah 11 juta setiap bulannya dan tidak berubah.

Kedua adalah jenis bunga efektif dengan contoh yang sama, yakni mengajukan 120 juta pinjaman dan diangsur dalam 12 bulan dan bunganya adalah 10%. Maka hasilnya:
Cicilan pokonya adalah 10 juta per bulan.

Karena jenis bunga efektif, cicilan menjadi tidak sama setiap bulannya, seperti:
Cicilan bunga bulan 1:
120 juta ñ (1-1) x 10 juta x 10% : 12 = 1 juta
Jadi, cicilan bulan 1 adalah 10 juta ditambah bunga 1 juta adalah 11 juta.

Sedangkan cicilan bunga bulan 2:
120 juta  (2-1) x 10 juta x 10% : 12 = 916.667 rupiah
Artinya cicilan bulan kedua adalah 10 juta ditambah 916.667 rupiah menjadi 10.916.667 rupiah.

Dan seterusnya sampai terus menurun beban bulanan yang harus anda bayarkan.

Ada juga bunga anuitas dengan contoh yang sama ya. 120 juta untuk 12 bulan dan bunganya 10%
Hasil yang didapatkan adalah 10.549.906 setiap bulannya. Untuk menghitung bunga anuitas, fokusnya pada pokok pinjaman yang terpakai pada bulan ini dan menyisakan sisa pokok tabungan untuk menghitung bunga di bulan kemudian. Walaupun suku bunga sama seperti bunga efektif, tetapi perhitungan bunga anuitas berbeda sehingga hasilnya juga tak sama.

Ada juga bunga tetap dan mengambang. Jadi kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Nah, jika sudah tahu berbagai cara perhitungan bunga serta jenis bunga, kamu juga bisa lebih mudah memprediksi perkiraan angsuran yang merupakan tanggung jawab kamu dalam mengambil kredit di bank. Jika sudah bisa menghitung suku bunga pinjaman bank, kamu juga bisa mengajukan tawaran bunga yang sanggup kamu tanggung untuk kredit yang kamu ajukan. Dengan tahu jumlah bunga yang harus kamu bayarkan, kamu juga bisa memilih tawaran jenis bunga berdasarkan kemampuan finansial.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...