Pengertian Modal Kerja, Faktor Modal Kerja, Dan Jenis Modal Kerja

Pengertian Modal Kerja, Faktor Modal Kerja, Dan Jenis Modal Kerja

Pengertian Modal Kerja, Faktor Modal Kerja, Dan Jenis Modal Kerja – Modal kerja, mungkin sering sekali didengar oleh para pengusaha yang memiliki sebuah perusahaan. Modal kerja memang dapat membantu untuk melancarkan segala bisnis yang anda jalankan, namun modal kerja juga bisa menjadi hal yang sangat menekan anda jika anda tidak bisa menjalankan bisnis anda dengan baik. Jika anda ingin mengambil modal kerja paling tidak anda harus tahu bagaimana perusahaan anda berjalan dengan lancar dan tidak menemui kendala yang memang sangat berat sehingga mengganggu operasional perusahaan anda. Apabila tidak ada hambatan pada perusahaan anda, maka anda tidak akan merasakan tekanan pada modal kerja anda.

Pengertian Modal Kerja, Faktor Modal Kerja, Dan Jenis Modal Kerja

Pengertian modal kerja bisa diartikan kelebihan aktiva lancar pada hutang dengan waktu jangka pendek, dan kelebihan tersebut bisa dikatakan modal kerja bersih, sedangkan kelebihan tersebut merupakan jumlah dari aktiva lancar yang berasal dari hutang dengan jangka waktu yang panjang. Ada definisi lain yang mengatakan bahwa modal kerja adalah sebuah investasi peruhsaan dalam aktiva dengan waktu jangka pendek. Sedangkan menurut Wasis (1991) modal kerja adalah sebuah dana yang ditanamkan dengan menggunakan aktiva lancar, karena itu bisa dikatakan sebagai kas, piutang atau bahkan juga surat surat berharga. Sedangkan didalam modal kerja ada juga istilah modal kerja bruto yaitu keseluruhan dari aktvia yang ada pada sisi debet neraca. Sedangkan untuk modal kerja neto adalah seluruh harta lancar akan dikurangi urang lancar. Dengan kata lain bisa dikatakn bahwa modal kerja neto merupakan selisih antara aktivia lancar yang dikurangi hutang lancar.

Baca juga : Tips Menetapkan Suku Bunga Bank Yang Akan di Ambil

Mungkin anda akan tertarik mengambil modal kerja, namun anda juga harus tahu bagaimana modal kerja berjalan dan anda harus paham betul tentang modal kerja sebelum anda memutuskan untuk mengambil atau bahkan memberi modal kerja. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi modal kerja Berikut ini beberapa faktor tersebut:

Pengertian Modal Kerja, Faktor Modal Kerja, Dan Jenis Modal Kerja

1. Volema penjualan dari perusahaan

Modal kerja akan dipengaruhi oleh volume penjualan, sebab perusahaan membutuhkan modal kerja untuk bisa mendukung segala kegiatan oprasional pada saat terjadinya peningkatan pada penjualan.

2. Faktor musim dan siklus

Bahkan musim dan juga siklus bisa mempengaruhi modal kerja anda. Fluktuasi dalam penjualan produk perusahaan anda disebkan oleh faktor musim dan siklus yang bisa menjadi penentu kebutuhan akan modal kerja.

3. Perubahan yang terjadi pada teknologi

Pemasaran memang bisa dipengaruhi oleh apa saja, termasuk oleh teknologi. Melihat saat ini teknologi adalah hal yang memang berkembang dengan sangat pesat. Jika adanya pengembangan teknologi maka akan ada dampak pada kebutuhan pada modal kerja anda.

4. Kebijakan perusahaan anda

Kebijakan perusahaan akan menjadi hal yang menentukan faktor pada modal kerja. Karena bagaimana perusahaan berjalan juga akan dipengaruhi oleh kebijakan perusahaan.

Sedangkan modal kerja juga memiliki beberapa jenis yang memang bisa membantu anda untuk mempermudah akan menggunakan jensi modal kerja yang mana sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut ini beberapa jensi modal kerja:

1. Jenis modal kerja permanen (permanent working capital)

Untuk modal kerja permanen adalah sebuah modal kerja yang ada pada sebuah perusahaan untuk bisa menjalankan fungsinya. Sedangkan di dalam modal kerja permanen ini dibagi menjadi dua macam lagi yaitu modal kerja primer atau primary working capital yang mana jumlah modal kerja minimum harus ada di perusahaan untuk menjaga kontinuitas usahanya agar tetap berjalan. Dan yang kedua adalah modal kerja normal atau normal working capital yang aman modal kerja memang dibutuhkan untuk menyelenggarakan proses produksi dengan normal.

2. Jenis modal kerja variable (variable working capital)

Untuk modal kerja variable merupakan sebuah modal kerja yang memang jumlahnya bisa berubah ubah sesuai dengan perubahan keadaan perusahaan. Modal kerja variable sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu modal kerja musiman atau seasonal working capital yang mana modal kerja yang jumlahnya bisa berubah ubah disebabkan oleh perubahan musim. Kemudian modal kerja siklis atau cyclical working capital yang aman modal kerja yang bisa berubah ñubah disbeabkan oleh perubahan konjungtur. Dan yang terakhir ada modal kerja darurat atau emergency working capital yang mana modal kerja yang jumlahnya bisa berubah ñ ubah sesuai dengan keadaan darurat yang tiba tiba menimpa.

Memahami pengertian modal kerja, faktor modal kerja dan jenis jensi modal kerja merupakan hal yang paling penting sebelum mengambil keputusan yang lebih jauh lagi untuk perusahaan anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...