Ingin Pensiun Di Usia Muda ? Berikut Tips Mempersiapkan Asuransi Pensiun Dengan Cerdas

Ingin Pensiun Di Usia Muda ? Berikut Tips Mempersiapkan Asuransi Pensiun Dengan Cerdas

Ingin Pensiun Di Usia Muda ? Berikut Tips Mempersiapkan Asuransi Pensiun Dengan Cerdas – Hidup tanpa perencanaan tidak akan mendapatkan hasil apa apa. Sama halnya jika anda terus bekerja dan mencapai  usia tidak produktif akan kebingungan memperoleh sumber keuangan dari mana. Sebagai seorang karyawan anda tentu tidak ingin menjadi karyawan seumur hidup. Bekerja terus menerus tanpa tahu kapan waktu untuk bisa pensiun. Untuk itu, sangat penting untuk bisa merencanakan pensiun anda dengan mulai melirik asuransi pensiun. Jika saat ini anda masih berumur 25 tahun dan masih produktif sudah selayaknya mulai menyisihkan pendapatan anda untuk dialokasikan menjadi dana asuransi pensiun. Jangan sampai anda telat dalam mempersiapkan hal ini.

Ingin Pensiun Di Usia Muda ? Berikut Tips Mempersiapkan Asuransi Pensiun Dengan Cerdas

Fakta menyebutkan bahwa rata rata orang Indonesia yakni hampir 60% menghabiskan masih bekerja walaupun sudah berumur 60 tahun. Hal ini karena belum memiliki persiapan dana ketika mereka sudah tidak berada di usia produktif. Dan rata rata yang berumur di atas 50 tahun meninggal dengan meninggalkan utang untuk keluarga yang ditinggalkan. Hal ini menjadi momok menakutkan karena bukan hanya kehilangan pemasukan rutin yang biasa diterima tapi juga mengalami kemorosotan keuangan karena utang yang ditinggalkannya.

Untuk menghindari hal hal yang terjadi di atas, maka kami akan berbagi Tips mempersiapkan asuransi pensiun untuk menjadi Pensiun Kaya

Kenapa asuransi pensiun itu sangat penting? Hal ini dikarenakan dalam asuransi tersebut mempunyai berbagai embel embel proteksi seperti proteksi rawat inap, proteksi rawat jalan, dan juga ada slogan untuk stop untuk menabung ketika berumur 65 tahun karena sisanya asuransilah yang akan mengcover hal tersebut. Sehingga saat masa pensiun tiba, anda tidak perlu khawatir untuk tidak siap secara finansial ketika tidak produktif lagi dalam bekerja.

Untuk waktu kapan anda akan pensiun tergantung tujuan hidup masing masing orang. Semakin dini dipersiapkan maka akan semakin cepat mereka akan pensiun dini. Namun jika anda memutuskan untuk pensiun dini, maka anda harus mempunyai ekstra tenaga untuk mengakumulasi asset untuk membiaya masa hidup yang masih panjang. Pensiun muda mempunyai banyak manfaat jika kita bisa berhasil mencapainya seperti lebih banyak waktu dengan keluarga, punya banyak waktu untuk liburan, berbagi dengan orang lain, dan melakukan berbagai hal produktif lainnya dalam hidup.

Baca juga : Selalu Kehabisan Uang Saat Gajian? Terapkan 5 Cara Ini Dalam Mengatur Keuangan Pribadi

Rata rata orang tidak pernah mempersiapkan asuransi pensiun karena beberapa factor seperti usia pensiun yang masih jauh, acuh , atau mungkin tidak tahu caranya. Sebenarnya tidak ada kata cukup akan uang, yang paling penting adalah melakoni gaya hidup sesuai dengan kemampuan anda di kelas ekonomi mana pun. Terlebih lagi jika anda masih berprofresi sebagai self employee seperti dokter, pengacara, atau psikologi yang kelangsungan usahanya tergantung dari keberadaannya sendiri. Mereka harus ekstra lebih untuk bisa mengelola keuangannya. Namun jika anda bisa mencapai usia pensiun di saat anda masih produktif bekerja akan menjadi hal yang sangat nikmat.

Setelah anda menyiapkan diri untuk berinvestasi sejak dini maka ilustrasinya sebagai berikut :

Jika anda ingin pensiun di umur 55 tahun dengan memiliki total kekayaan sebesar Rp. 1 Miliar maka anda harus menyisihkan uang bulanan anda sebesar Rp.753,674 tiap bulannya dimulai dari umur 30 tahun. Sementara jika anda baru mulai menabung saat umur 40 tahun, maka anda harus menabung 3 kali lipatnya sebesar Rp.2,412,718 per bulan (sumber artikel : www.kontan.co.id). Ini jika asumsi imbal hasil per tahunnya sebesar 10%.

Anda harus bisa memperhitungkan nilai uang anda di mas depan

Jika anda akan berinvestasi untuk masa depan, hal yang perlu anda perhatikan adalah nilai inflasi. Kebutuhan pribadi bulanan anda saat ini belum tentu akan sama kondisinya dengan nilainya di masa 10 tahun ke depannya.  Missal kebutuhan anda saat ini 2 juta per bulan maka 10 tahun ke depannya bisa berubah menjadi 5 juta per bulan mengikuti nilai inflasi. Untuk itu, anda harus bisa mencari investasi yang memiliki benefit untuk bisa mengcover kebutuhan anda di masa yang akan datang.

Cerdaslah Memilih Produk Investasi

Saat anda memutuskan untuk berinvestasi, maka anda harus bisa cerdas dalam memilih produk investasi yang bisa mengcover kebutuhan anda di masa depan. Pilihlah produk investasi yang bisa melebihi nilai inflasi untuk paling tidak 10 tahun terakhir. Hal ini sangat penting untuk tetap menjaga nilai uang anda.

Demikian Tips Mempersiapkan Asuransi Pensiun Untuk Menjadi Pensiun Kaya, semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...