Berani Pensiun Dini PNS Dan Terjun Buat Investasi Jangan Coba-Coba Sebelum Tahu Cara Berikut!

Berani Pensiun Dini PNS Dan Terjun Buat Investasi? Jangan Coba-Coba Sebelum Tahu Cara Berikut!

Pensiun dini PNS – Zaman sekarang, PNS adalah profesi yang banyak didambakan berbagai kalangan. Bahkan, para orang tua cenderung suka berangan-angan untuk menjodohkan anaknya dengan lelaki yang memiliki pekerjaan dan jabatan sebagai pegawai negara alias PNS. Dengan segala pujian yang mereka lontarkan untuk para PNS, bukan berarti kamu yang juga sebagai PNS senang. Ada kalanya pekerjaan yang kamu miliki sekarang membuat kamu jenuh, ingin keluar dari zona nyamanmu sebagai PNS dan memulai mandiri dengan berinvestasi. Yakin kamu mau pensiun dini untuk jadi PNS dan banting setir untuk mulai investasi? Sebaiknya, sebelum terlalu yakin jangan coba-coba dulu. Ada beberapa hal yang harus kamu siapkan untuk mulai investasi.

Berani Pensiun Dini PNS Dan Terjun Buat Investasi Jangan Coba-Coba Sebelum Tahu Cara Berikut!

Sebagai seorang PNS, sudah pasti kelangsungan hidup kamu terjamin apalagi dengan adanya dana pensiun yang diberikan pemerintah. Saat kamu berniat untuk pensiun dini dan mulai investasi, kamu juga harus menyiapkan asuransi guna melindungi investasi yang kamu miliki. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memulai investasi.

1. Mulai dari sekarang

Investasi adalah hal penting karena kita tidak tahu tentang masa depan seperti apa. Investasi harus dimulai dari sekarang untuk dipersiapkan. Dengan persiapan dari dini, tentu saja hasil yang dipetik bisa lebih maksimal. Jadi, jangan nunggu pensiun dini PNS untuk memikirkan investasi secara matang-matang.

Investasi bisa dilakukan oleh siapa saja dan tidak perlu menunggu mapan. Tentukan niat dan tujuan investasi yang kamu inginkan. Investasi jangka panjang sangat disarankan sehingga saat masa tua nanti, kamu bisa menikmati hasil investasi tersebut dan tidak akan membebani anak-anak kamu nanti.

Pensiun dini PNS

Baca juga : Macam Macam Investasi Jangka Panjang Yang Banyak Diminati

2. Cari tahu besaran setoran

Untuk investasi dana pensiun, biasanya investasi dimulai dari Rp 50.000 tapi sangat penting bagi kamu untuk tahu besaran setoran guna mencapai target usia pensiun yang kamu inginkan. Cari tahu besaran setoran setiap bulannya dan kapan saatnya kamu bisa mengambilnya. Untuk itu, ketahui dulu kemampuan finansial yang kamu miliki.

Tidak hanya setoran rutin yang harus dipikirkan, tapi kamu juga harus cari tahu biaya-biaya lainnya yang terdapat pada investasi yang sudah kamu miliki. Lakukan perbandingan biaya yang kamu tanggung dan hasil yang kamu peroleh. Harga sudah pasti menentukan kualitas.

3. Inflasi

Inflasi tidak boleh diabaikan jika kamu memilih investasi jangka panjang sebab hanya akan membuat investasimu memiliki daya beli yang kecil. Jika inflasi sedang tinggi yaitu sekitar 8% dan kamu berinvestasi di Bank Deposito dengan bunga yang hanya 5% 1 tahunnya, sudah pasti kamu kehilangan uang.

Cara yang tepat untuk bersaing dengan inflasi adalah dengan investasi saham atau rekssadana saham. Yang perlu kamu perhatikan adalah nilai saham bisa naik atau turun kapanpun. Walaupun investasi saham terbilang beresiko, tetapi potensi keuntungannyalah yang paling besar dan bahkan bisa secara konsisten melewati masa inflasi.

Tips untuk Pensiun dini PNS

4. Cobalah diversifikasi

Diversifikasi maksudnya adalah menggunakan modal usaha yang kamu miliki dalam beberapa bentuk aset seperti saham, properti, surat utang dan juga logam emas. Dengan demikian, kamu bisa mengatur resiko atau jika salah satu aset yang kamu miliki mengalami kerugian sehingga aset-aset yang lain tetap memberikan untung. Dengan begitu, beban yang kamu rasakan bisa sedikit berkurang sehingga kamu bisa terus menjalankan investasi dengan berbagai aset yang kamu miliki.

5. Pilih investasi yang tepat

Di pasar saham, kamu bisa menemukan berbagai jenis investasi seperti saham, deposito dan obligasi dengan resiko yang berbeda pula. Semakin besarnya resiko, semakin besar pula imbalannya seperti saham, reksa dana, obligasi dan terakhir adalah deposito, jika diurutkan. Investasi saham bisa kamu pilih dengan syarat mental yang kuat dan pemahaman yang mendalam tentang strategi dalam berinvestasi saham untuk mengurangi resiko kerugian.

6. Jangan ragu untuk mulai secara perlahan

Tumbuhkan rasa percaya diri dengan cara mulai investasi secara perlahan. Tidak masalah jika harus dimulai dengan modal sedikit demi sedikit. Investasi yang sudah terjamin dengan performa yang baik hingga 50 tahun terakhir adalah kriteria yang harus kamu pilih. Belilah walau dalam jumlah yang sedikit dan lakukan secara konsisten. Lakukan juga konsultasi pada brokermu untuk memilih investasi yang baik. Banyak baca buku tentang investasi yang akan memberikan ilmu yang lebih atau sekedar menghabiskan waktu luang dengan membaca melalui internet.

7. Jangan terlalu sering memonitor perkembangan investasi

Jika kamu melakukannya, maka kamu akan mudah khawatir dan takut dalam membuat keputusan. Tujuan utama untuk investasi adalah bagaimana agar kamu memiliki kekayaan untuk jangka waktu yang panjang. Jadi, cukup pantai semua investasi dan perkembangannya setiap bulan. Buat batasan sehingga kamu bisa menikmati hasil investasi kamu.

Jadi, walaupun kamu mau pensiun dini PNS, investasi harus sudah dimulai.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...