Perlindungan Konsumen Untuk Warga Indonesia

Perlindungan Konsumen Untuk Warga Indonesia

Perlindungan Konsumen Untuk Warga Indonesia – Indonesia saat ini memang memiliki masyarakat yang memang semakin berkmebang untuk mencoba hal hal dalam dunia bisnis. Tidak heran jika saat ini semakin banyak produk produk unik yang keluar, dengan demikian beberapa orang yang memang hanya berperliku sebagai konsumen semakin menjadi konsumtif untuk membeli hal hal yang dibutuhkan bahkan diinginkan. Namun sayangnya saat ini tidak sedikit juga yang membuka bisnis dengan cara yang kurang jujur dikarenakan banyaknya konsuman yang memang minim tentang pengetahuan dan mudah sekali ditipu. Di Indonesia sendiri sudah diputuskan undang undang Republik Indonesia di No. 8 pada tahun 1999 tenang perlindungan kepada konsumen. Jadi dengan adanya undang undang ini diharapkan bahwa konsumen yang ada di Indonesia dipenuhi hak nya dan dilindungi oleh hukum hukum yang pasti. Ketika sudah ada perlindungan secara pasti seperti Undang undang yang sudah diterapkan, apabila si konsumen merasa tidak mendapatkan perlindungan atau dirugikan maka bisa melaporkan perkara tersebut pada pihak yang berwajib.

Perlindungan Konsumen Untuk Warga Indonesia

Perlindungan Konsumen Untuk Warga Indonesia

Perlindungan konsumen sendiri dapat diartikan sebagai upaya untuk menjamin dengan adanya landasan kepastian hukum guna untuk memberikan perlindungan kepada konsumen. Konsumen akan mendapatkan hak nya untuk dilindungi dan setiap pihak yang sedang berada di area perdagangan barang atau jasa akan disebut dengan pelaku usaha. Jika anda memang seorang yang konsumtif anda harus mencari tahu tentang perlindungan konsumen sebagai hak anda untuk dilindungi. Perlindungan konsumen sendiri dibagi menjadi dua yaitu perlindungan priventif dan perlindungan kuratif. Perlindungan preventif sendiri akan diberikan kepada konsumen ketika konsumen tersebut akan membeli barang atau menggunakan jasa tertentu dengan melakukan beberapa proses pemilihan. Kemudian konsumen akan memutuskan untuk membeli barang atau menggunakan jasa spesifikasi tertentu dan juga dengan merek barang tertentu. Kemudian yang kedua ada perlindungan kuratif dmana konsumen mendapatkan akibat dari penggunaaan barang atau jasa tertentu atau konsumen. Namun di garis ini anda harus membedakan antara pembeli dengan konsumen, jika pembeli adalah orang yang membeli barang tersebut namun jika konsumen adalah orang yang menggunakan barang atau jasa tersebut terserah mendapatkannya dari membeli atau pemberian. Jadi akan ada perlindungan yang diberikan jika barang atau jasa memang tidak sesuai atau bahkan tidak memberikan hal yang aman dan nyaman bagai konsumen.

Baca juga : Biaya Medical Check Up Yang Murah Dan Terbaik

Perlindungan konsumen tentu saja menjadi hal yang sangat penting untuk masyarakat mengingat tujuan konsumen diantaranya adalah meningkatkan kesadaran dan kemampuan konsumen untuk melindungi diri sendiri, kemudian mengangkat harkat dan juga martabat yang dimiliki oleh konsumen dengan cara menghindari akeses negatif pemakaian barang atau juga jasa, meningkatkan pemberdayaan konsumen dalam memilih, menentukan dan menuntut hak hak yang berlaku sebagai konsumen, menciptakan sistem perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum dan keterbukaan untuk mendapatkan informasi, menumbuhkan kesadaran kepada pelaku yang memiliki usaha mengenai pentingnya perlindungan yang diberikan kepada konsumen sehingga akan adanya sikap yang jujur dan juga bertanggung jawab dalam melaksanakan sebuah usaha, dan meningkatkan kualitas barang dan juga jasa yang bisa menjamin kelangusngan usaha produksi barang maupun jasa, kenyamanan, keamanan, dan juga keselamatan konsumen. Dengan tujuan yang seperti itu bisa diartikan dengan begitu perlindungan konsumen memang sangat penting untuk diketahui para konsumen dan pengusaha barang dan juga jasa.

Ada beberapa asas asas yang ada di perlindungan konsumen, yaitu asas manfaat dan asas keadilan. Asas manfaat sendiri digunakan untuk mengamanatkan bahwa segala sesuatu hal yang dilakukan dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen harus memiliki dan memerikan manfaat sebesar besarnya bagi kepentingan konsumen dan pelaku usaha secara menyeluruh. Kemudian untuk asas keadilan digunakan untuk memberikan partisipasi secara menyeluruh kepada masyarakat dan dapat diwujudkan dengan maksimal, memberikan kesempatan kepada para konsumen dan si pelaku usaha untuk memperoleh haknya dan melaksanakan kewajibannya secara adil dan sesuai.

Sayangnya tidak banyak masyarakat yang tahu tentang perlindungan konsumen, ketika para konsumen dirugikan dengan barang atau jasa terkadang mereka hanya mampu membiarkan dan pasrah saja padahal tersebut bisa dipertanggung jawabkan sesuai peraturan yang ada. Jadi bagi anda para konsumen, sebaiknya sebelum menggunakan barang atau jasa pelajari dan perhatikan benar barang atau jasa yang akan anda gunakan, jika anda yang tidak paham sebaiknya anda tanyakan kepada pengusaha barang atau jasa tersebut. Kemudian gunakan juga hak anda untuk mendapatkan perlindungan konsumen sesuai undang undang.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...