Inilah 8 Cara Ampuh Memilih Perusahaan Asuransi Kendaraan

Inilah 8 Cara Ampuh Memilih Perusahaan Asuransi Kendaraan

Inilah 8 Cara Ampuh Memilih Perusahaan Asuransi Kendaraan – Kendaraan, entah mobil atau sepeda motor bukan hanya sebagai harta yang anda miliki yang dapat menunjang mobilitas anda. Namun, kendaraan merupakan investasi besar yang tanpa anda sadari telah membuat anda memikirkan beberapa pengeluaran sebagai perawataan agar kondisi mesin dan desain mobil masih dalam keadaan mulus. Tentu saja, asuransi kendaraan sangatlah penting. Sebab, saat terjadi kecelakaan atau kerusakan pada kendaraan anda, maka secara otomatis anda akan kehilangan investasi tersebut.

Inilah 8 Cara Ampuh Memilih Perusahaan Asuransi Kendaraan

Tingginya kesadaran bahwa mobil atau sepeda motor merupakan bagian dari investasi serta perawatan yang dikeluarkan tidak murah, maka banyak sekali permintaan perlindungan kondisi kendaraan. Sehingga, keberadaan perusahaan asuransi di Indonesia pun mulai menjamur. Nah, jika anda memiliki kendaraan yang ingin anda asuransikan, berikut ini beberapa hal yang harus anda pertimbangkan saat memilih perusahaan asuransi yang tepat.

Inilah 8 Cara Ampuh Memilih Perusahaan Asuransi Kendaraan

1. Cek kendaraan dan pahami apa itu asuransi

Sebelum memilih perusahaan asuransi yang tepat, cek terlebih dahulu kendaraan anda. Jika memang usianya masih bagus dengan kegunaan kendaraan yang penting, misalnya menyangkut bisnis anda, maka sudah pasti kendaraan harus diasuransikan. Pahami juga tentang apa itu asuransi, sebab asuransi dibagi menjadi dua jenis. Pertama, ada asuransi yang menjamin hampir semua resiko pada kendaraan baik kecil atau besar. Kedua adalah asuransi yang hanya menjamin resiko kerusakan pada kendaraan sekitar 75% dari nilai kendaraan. Pilih jenis asuransi kedua jika anda memiliki mobil yang sudah tua dengan mobilitas tinggi.

baca juga : Ingin Mempersiapkan Asuransi Kerugian Tapi Belum Tahu Manfaat dan Jenisnya ? Baca Ini!!

2. Pastikan perusahaan memiliki reputasi yang baik

Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik, sudah tentu memiliki pengalaman dan keahlian dalam bidang ini dan itu adalah kunci utama yang harus anda perhatikan sebelum menjatuhkan pilihan pada perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi yang memiliki pengalaman tinggi, sudah dipastikan dapat menyelesaikan klaim secara tepat. Sebelum anda dibuat kecewa di jauh hari, periksa bagaimana dan dalam waktu berapa lama perusahaan asuransi menjanjikan proses klaim yang anda butuhkan serta bagaimana waktu pembayaran yang mereka atur.

3. Perhatikan rasio pengaduan

Sebelum memilih sebuah perusahaan asuransi untuk kendaraan anda, baca terlebih dahulu tingkat pengaduan dalam pelayanannya. Jika ingin hasil terbaik, buatlah perbandingan antara jumlah keluhan yang diterima oleh perusahaan tersebut serta komplain yang dapat mereka selesaikan. Perusahaan asuransi tersebut tidak bisa menjadi pilihan anda jika tingkat keluhan yang mereka terima jauh lebih besar dibandingkan dengan tingkat keluhan yang sudah diselesaikan.

4. Mintalah rekomendasi dealer

Cara selanjutnya dalam mencari perusahaan asuransi yang tepat adalah menggunakan rekomendasi dealer. Dealer dapat menjadi sumber informasi untuk anda mengenai reputasi sebuah perusahaan asuransi, sehingga anda dapat meminta rekomendasi dari dealer. Caranya adalah dengan mengunjungi dealer. Beberapa dari dealer dapat memberikan informasi positif tentang perusahaan asuransi yang dapat anda percaya.

5. Periksa bengkel rekanan perusahaan

Perusahaan asuransi yang sudah terpercaya, tentu saja memiliki bengkel rekanan perusahaan yang tidak sedikit. Semakin banyak bengkel rekanan yang mereka miliki, semakin kuat pula tingkat kredibilitas perusahaan asuransi tersebut. Dengan demikian, maka anda akan memiliki kemudahan dalam mengurus klaim asuransi kendaraan anda.

6. Pilih jenis polis asuransi sesuai kebutuhan

Perusahaan asuransi juga menawarkan jenis polis asuransi terhadap anda. Maka, pastikan jika jenis polis asuransi yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga bahwa perusahaan yang hendak anda pilih menyediakan asuransi seperti yang anda inginkan. Baca terlebih dahulu berbagai ketentuan dan peraturan yang telah mereka buat dalam jenis polis asuransi guna menghindari hal-hal yang akan memberatkan anda sewaktu anda ingin mengurus proses klaim dan pembayaran.

7. Lihat fitur layanan perusahaan yang ditawarkan

Akan lebih baik jika anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki beberapa fitur layanan yang sangat berguna untuk kemudahan anda, misalnya hotline 24 jam, dukungan mobil derek dan juga cabang yang ada dimana-mana. Sehingga, saat anda berkendara di tempat yang jauh dari rumah dan mengalami masalah dengan mobil, anda pun dapat dengan mudah mendapatkan layanan.

8. Pilih biaya asuransi yang sesuai dengan kendaraan

Hal yang tak kalah pentingnya adalah dengan memperhatikan biaya asuransi yang tepat dan sesuai dengan kendaraan anda. Sekali lagi, anda perlu membaca semua ketentuan yang berlaku. Tanyakan hingga jelas pada perusahaan asuransi yang hendak anda pilih mengenai biaya asuransi dan hak apa yang akan anda dapatkan. Dengan demikian, anda dapat menghindari biaya yang dapat memberatkan anda terutama secara finansial.

Itulah beberapa cara yang sebaiknya anda lakukan sebelum memilih perusahaan Asuransi kendaraan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...