Intip Strategi BRI Untuk Sukseskan Program Kredit Usaha Rakyat

Intip Strategi BRI Untuk Sukseskan Program Kredit Usaha Rakyat

Kredit usaha rakyat BRI – Banyaknya interpreuner muda handal yang rata-rata kekurangan modal menjadi masalah riskan sebab masalah ini bisa membunuh para penguasaha kecil lainnya untuk tetap eksis di dunia perekonomian negara.

BACA JUGA : Butuh Pinjaman Uang Tunai Cepet Tanpa Ribet? Coba 3 Cara Ini!

 

Intip Strategi BRI Untuk Sukseskan Program Kredit Usaha Rakyat

Maka itu usaha rakyat memang sudah sepatutnya mendapat perhatian negara dengan didukung dan dibantu serta diberikan ruang yang cukup luas untuk kreatifitas yang mereka miliki. Kenapa pemerintah harus turut andil membantu dalam usaha rakyat ini? Karena keberadaan usaha rakyat ini sangatlah krusial.

Bisa dikatakan demikian karena usaha rakyat mampu menopang ekonomi nasional dalam membuka lowongan pekerjaan baru di tengah-tengah masyarakat.

Upaya apa saja yang dapat dilakukan pemerintah untuk mendukung dan meningkatkan kesejahteraan bagi para pengusaha muda (usaha rakyat)? Yaitu dengan menyediakan sumber dana atau pembiayaan berupa pemberian dana/penjamin kredit bagi Usaha Mikro Kecil, Menengah dan koperasi (UMKMK) melalui kredit usaha rakyat (KUR).

Apa itu Kredit Usaha Rakyat?

Kredit Usaha Rakyat (KUR) ialah layanan kredit berupa pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah melalui perbankan kepada para UMKMK atau koperasi yang bersifat feasible tapi belum berlabel bankable. Feasible disini ialah usaha tersebut memiliki kelayakan, berpotensi, merupakan wujud dari prospek bisnis yang baik dan mempunyai kemampuan dalam mengembalikan peminjaman tepat waktu.

Beberapa usaha rakyat yang diharapkan dapat menerima fasilitas negara seperti KUR ini meliputi keseluruhan bentuk usaha, terutama usaha yang bergerak dalam jenis sektor usaha produktif, misalnya usaha pertanian, perikanan dan kelautan, perindustrian, kehutanan dan jasa keuangan simpan pinjam.

Apa tujuan diadakannya KUR?

Secara umum tujuan penyelenggaraan diadakannya KUR oleh pemerintah ialah untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi. Selain itu tujuan lainnya juga untuk menciptakan lapangan kerja dan menanggulangi kemiskinan di tengah masyarakat dengan memberdayakan sumber daya manusia semaksimal mungkin.

Guna mewujudkan semua tujuan itu, pemerintah pun mengeluarkan kebijaksanaanya mengenai kebijakan pengembangan dan pemberdayaan yang bertujuan untuk meningkatkan sektor secara Rill dan memberdayakan UKMK.

BACA JUGA : Pinjaman Tunai Tanpa Jaminan, Emang Bisa Ya? Nih, Baca Kalo Kamu Bingung Mau Pinjam Tunai Tapi Nggak Punya Jaminan!

Dilihat dari penjelasan dan tujuannya, KUR mempunyai peranan penting dalam berlangsungnya pertumbuhan perekonimian negara. Untunglah pada tanggal 5 november 2007 kemarin akhirnya Presiden mengeluarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui PT Askarindo dan Perum Sarana Pengembangan Usaha. Pemerintah juga menjalin kerjasama dengan beberapa Bank pelaksana, salah satunya ialah Bank BRI.

Lalu kiat-kiat apa saja yang bisa dilakukan Bank BRI untuk ikut mensukseskan program kredit usaha rakyat BRI (KUR) ini? Langkah awal yang diambil oleh Bank BRI ialah dengan melakukan pendekatan pada new interpreuner di Indonesia.

Proses pendekatannya selanjutnya Bank BRI mengeluarkan 3 poin strategi penting. Berikut 3 strategi yang dilakukan oleh Bank BRI:

1. Program kredit 9 persen untuk pengusaha

Awalnya Bank BRI menerapkan suku bunga 12 persen untuk KUR BRI. Tetapi pemerintah kurang setuju dan hanya menginginkan satu digit pada suku bunga KUR, sehingga Bank BRI pun akhirnya meresmikan turunnya suku bunga pada program KUR menjadi 9 persen per 1 januari 2016 lalu. Program ini bertujuan untuk menarik minat para calon-calon new interpreuner untuk lebih berani dan maju dalam mengembangkan usahanya.

Dengan adanya penurunan suku bunga ini diharapkan juga bisa lebih menguntungkan dan meringankan bagi pengusaha mikro dan kecil yang mengambil program KUR nantinya, sebab angsuran yang akan dibayarkan kepada Bank BRI pun semakin kecil.

2. Sosialisasi dengan mendekati berbagai elemen

Strategi selanjutnya untuk sukseskan program kredit usaha rakyat BRI ialah mensosialisasikan program ini dengan target mendekati semua lapisan elemen dimasyarakat. Menurut pimpinan wilayah BRI Sumut, Frans Hari Sutiyasa yang dilansir dari Tribunnews.com mengatakan, Masyarakat butuh modal maka itu Bank BRI menjalankan komunikasi dalam bentuk promosi langsung ke semua elemen , bupati, wali kota, kelompok usaha seperti Hipmi, bahkan hingga turun ke pasar-pasar tradisional.

Semua ini dilakukan untuk memberikan kesempatan nyata kepada khalayak masyarakat luas yang mempunyai impian membuka usaha dengan peminjaman modal dan suku bunga rendah.

3. BRI tambah agen BRI Link

Strategi BRI yang terakhir untuk sukseskan program KUR ialah dengan menargetkan tambahan 2000 agen BRI Link. Apa itu agen BRI Link? Yaitu, seseorang yang bertugas menjadi agen untuk memudahkan semua transaksi yang diperlukan nasabah tanpa harus pergi ke Bank BRI seperti sebelumnya, semua transaksi dikerjakan melalui bantuan mesin ECD yang disediakan oleh Bank khusus untuk para agen BRILink.

Menurut Frans Hari Sutiyasa, pimpinan BRI Kantor Wilayah Medan menjelaskan bahwa di wilayah kekuasaannya Agen BRILink telah tersebar hingga kawasan Teluk dalam Kabupaten Nias Selatan yang akan dibekali sarana memadai seperti adanya 1.500 unit mesin EDC yang siap disebarkan ke seluruh daerah.

BACA JUGA : Pengertian Modal Kerja, Faktor Modal Kerja, Dan Jenis Modal Kerja

Dia juga menjelaskan, keuntungan yang didapat oleh nasabah dengan adanya strategi agen BRILink ialah masyarakat tidak akan kesusahan menjangkau bank untuk melakukan transaksi apapun baik itu transaksi pembayaran maupun transfer.

Sedangkan untuk BRI sendiri, keberadaan para agen BRILink dapat memudahkan pihaknya dalam melakukan efisiensi dari sisi pembukaan kantor cabang pelayanan baru seperti sebelumnya.

Transaksi yang dapat dilakukan nasabah melalui agen BRI Link ini banyak macamnya, meliputi bayar listrik, isi pulsa, cicilan, menabung bahkan transfer uang pun bisa. Kedepannya diharapkan dengan adanya strategi ini para agen BRI Link tidak hanya melayani transaksi keuangan saja tapi juga bisa berfungsi menjadi penyalur kredit aktif dengan persyaratan-persyaratan tertentu dan disepakati bersama oleh program kredit usaha rakyat BRI.

 

 

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...