Penasaran Dengan Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Baru Dari Bank Atau Leasing? Berikut Jawabannya!

Penasaran Dengan Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Baru Dari Bank Atau Leasing? Berikut Jawabannya!

Penasaran Dengan Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Baru Dari Bank Atau Leasing? Berikut Jawabannya! – Simulasi kredit mobil baru saat ini cukup marak menjadi pilihan dengan zaman modern dan ekonomi yang semakin berkembang yang memberikan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan. Hampir setiap rumah mendambakan adanya mobil baru atau bekas yang diparkir di depan rumah untuk memudahkan keluarga dalam bepergian, mengurus berbagai bisnis atau lainnya. Dengan adanya tawaran dari pihak leasing atau bank, saat ini simulasi kredit mobil bisa menjadi pilihan untuk membeli mobil bekas atau baru.

Penasaran Dengan Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Baru Dari Bank Atau Leasing? Berikut Jawabannya!

Nah, jika kamu bingung dan tidak tahu apa itu simulasi kredit mobil serta bagaimana perhitungannya, berikut ini kami paparkan dalam artikel secara mendalam. Bagi banyak orang, simulasi kredit mobil bisa menjadi cara mempermudah memilih jenis layanan kredit yang diberikan oleh berbagai bank, lembaga pembiayaan atau lainnya dalam melakukan transaksi untuk membeli mobil yang kamu inginkan mulai dari mobil pribadi, mobil operasional perusahaan atau mobil niaga. Biasanya, pihak bank atau leasing hanya menjelaskan persyaratan, perhitunga dan juga perjanjian secara gambling pada calon konsumen.

Untuk itu, kamu harus menentukan dulu mobil apa yang dibutuhkan dan hendak dibeli baik yang dalam kondisi baru atau bekas. Transaksinya bisa dilakukan secara kredit. Selanjutnya, kamu bisa memilih lembaga pembiayaan atau bank yang bisa memberikan fasilitas kredit untuk membeli mobil tersebut. Maka dari itu, kamu harus cari informasi terlebih dahulu tentang semua hal yang erat hubungannya dengan kredit mobil yang sudah dipilih. Cara mencari informasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet atau bisa dengan langsung bertanya pada kantor-kantor perusahaan kredit serta bank dengan menghubungi customer service.

Simulasi Kredit Mobil Baru

Setelah semua informasi sudah lengkap didapatkan, waktunya kamu menyesuaikan kebutuhan dana tersebut untuk kredit mobil dengan mengikuti kondisi keuangan yang kamu miliki saat ini. Dengan cara demikian, maka akan sangat berguna supaya kamu bisa menentukan Down Payment (DP) yang juga merupakan uang muka yang akan dibayar pertama kali beserta jumlah angsuran yang diambil setiap bulannya berdasarkan kemampuan yang kamu miliki untuk simulasi kredit mobil baru.

Baca juga : Yuk, Cari Tahu Menghitung Suku Bunga Pinjaman Bank Sebelum Ambil Kredit Bank

Perhitungan simulasi kredit ditentukan oleh beberapa faktor. Pertama, tentang harga mobil sendiri baik yang bekas atau baru. Kedua, tarif bunga bank atau leasing yang harus kamu tanggung. Itulah fungsinya memilih bank yang tepat yang dapat memberikan bunga yang rendah. Biasanya,rate bunga yang ditentukan oleh lembaga pembiayaan bisa mencapai 6-8% dengan waktu 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun. Tentu saja, jika kamu mengambil jangka waktu yang lama untuk melunasi kredit mobil tersebut, sudah pasti tarif bunganya menjadi semakin tinggi.

Kemudian, faktor lainnya yang bisa meningkatkan perhitungan simulasi redit mobil adalah tariff asuransi yang kamu pilih. Dengan jangka waktu kredit mulai dari 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun, umumnya perusahaan asuransi membebankan sekitar 7,5% – 9,5% dan tinggal dikalikan dari harga mobil yang ingin kamu beli. Faktor berikutnya adalah biaya administrasi bank atau leasing. Biaya administrasi dikenakan tarif yang berbeda berdasarkan waktu kredit yang kamu tentukan. Jika kamu mengambil waktu 1 tahun untuk melunasi kredit tersebut, biaya admiistrasi misalnya 250.000 rupiah, berbeda dengan jika kamu mengambil waktu 2 tahun untuk kredit tersebut. Biaya administrasinya menjadi naik misalnya 450.000 rupiah. Jadi, biaya administrasi akan terus naik mengikuti kemampuan kamu dalam tenor waktu yang kamu ambil untuk melunasi kredit mobil. Jangka waktu kredit atau tenor yang kamu pilih juga menentukan perhitungan kredit mobil yang kamu ambil. Semakin lama jangka waktu yang kamu pilih, semakin besar pula perhitungan kredit tersebut dikarenakan bunga yang naik. Uang muka atau DP adalah faktor terakhir yang juga menentukan besarnya perhitungan kredit mobil. Jika DP yang diberikan cukup tinggi, maka dapat mengurangi beban setoran setiap bulannya.

Artinya, total dana yang harus kamu miliki saat membayar cicilan kredit mobil pertama kali adalah menyediakan DP, angsuran untuk bulan pertama, biaya asuransi, biaya administrasi yang ditentukan pihak leasing dan jika kamu memilih mengambil kredit tersebut di Bank, mungkin ada biaya tambahan lainnya yang tarifnya juga ditentukan oleh pihak bank.

Itulah sederhananya penjelasan tentang simulasi kredit mobil baru jika kamu punya rencana untuk membeli mobil baru atau bekas secara kredit. Kalau angsuran per bulannya dirasa cukup besar, perlu sekali untuk mengatur penambahan uang muka yang bisa meringankan beban per bulannya. Pilih juga perusahaan leasing atau bank yang menawarkan rate biaya administrasi yang rendah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...