Tips Menetapkan Suku Bunga Bank Yang Akan di Ambil

Tips Menetapkan Suku Bunga Bank Yang Akan di Ambil

Tips Menetapkan Suku Bunga Bank Yang Akan di Ambil – Menabung adalah salah satu kegiatan yang bisa membantu kita untuk hidup berhemat dan berjaga jaga. Jika orang menabung, maka ia bisa menggunakan uangnya untuk mewujudkan mimpi mimpinya di masa depan atau ketika ia sedang terlibat masalah dan membutuhkan uang, maka ia bisa menggunakan uang hasil tabungannya. Menabung memang paling aman dan nyaman dengan menggunakan jasa bank. Di bank sendiri ada beberapa macam tabungan, salah satunya adalah dengan tabungan deposito. Banyak orang ketika memiliki uang dengan jumlah yang besar akan digunakan untuk tabungan deposito. Tabungan deposito merupakan tabungan berupa investasi kepada pihak bank, dan bisa diambil kembali sesuai dengan waktu yang anda tentukan dan disepakati oleh pihak bank. Di dalam tabungan deposito, ada suku bunga bank yang akan diberikan untuk para investor atau para nasabah.

Tips Menetapkan Suku Bunga Bank Yang Akan di Ambil

Suku bunga bank sendiri adalah harga yang diberikan dari pinjaman, jadi suku bunga bisa dinyatakan sebagai presentase dari uang pokok per unit waktu. Suku bunga sendiri memiliki suku fungsi yaitu sebagai daya tarik bagi para nasabah yang memiliki uang lebih untuk diinvestasikan di bank yang mereka gunakan dan suku bunga juga bisa digunakan sabagai alat moneter untuk mengendalikan penawaran dan perminataan uang yang beredar dalam suatu perekonomian. Banyak hal yang bisa mempengaruhi suku bunga di bank, salah satu yang bisa dijadikan patokan suku bunga terpengaruh karena faktor tingakat bunga di luar negeri dan depresiasai mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing yang diperkirakan akan terjadi. Ada juga beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi seperti kebutuhan dana, kebijakan pemerintah, persaingan dalam memperebutkan dana simpanan, target laba yang diinginkan, jangka waktu, produk yang kompetitif, hubungan baik, reputasi perusahaan, jaminan pihak ektiga, dan kualitas jaminan.
Jika anda akan mendepositokan uang anda, perlu diperhatikan bagaimana menetapkan suku bunga atau ketika anda akan mengambil suku bunga, ada beberapa yang harus diperhatikan seperti sebagai berikut:

Tips Menetapkan Suku Bunga Bank Yang Akan di Ambil

1. Biaya dana

Ketika akan mendepositokan uang anda, yang perlu diperhatikan dari suku bunga bank adalah biaya dana untuk deposito sendiri. Pastikan anda tahu berapa dana yang akan diminta oleh pihak bank. Hitung apakah harga tersebut semakin membuat anda rugi atau justru sebaliknya. Untuk biaya dana sendiri biasa disebut dengan cost of fund, atau cost of money.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Dalam Usaha Agar Tidak Berantakan

2. Faktor nasabah

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah faktor nasabah. Banyak sekali saingan harga yang akan terjadi ketika titik kespakatan antara pembeli dan juga penjual. Hal tersebut bisa saja terjadi karena pembeli memiliki hal yang penuh untuk memilih harga dari jasa bank yang akan dibelinya dengan tingkat yang paling tinggi dari pembeli. Pembeli disini dapat diartikan sebagai nasabah. Jadi anda juga bisa menentukan harga mana yang akan anda gunakan, dan berapa dana yang bisa anda investasikan untuk bank. Pihak bank akan mengikuti dan mempertimbangkan keinginan dari nasabah tersebut.

3. Bank pesaing

Setiap bank akan bersaing untuk mendapatkan nasabah yang mau mendepositokan uangnya. Jadi anda selaku nasabah juga berhak untuk menentukan di bank mana anda akan mendepositokan uang anda. Nasabah bisa menentukan di bank mana, dengan cara mencari informasi sebanyak banyaknya tentang pelayanan yang diberikan atau bisa juga mencari informasi bank mana yang akan memberikan suku bunga paling tinggi dengan dana depostio yang paling rendah. Tentu saja hal ini tidak akan merugikan anda ketika mendepositokan uang anda. Jangan terpaut dengan satu bank saja, anda bisa mencari informasi dari beberapa bank dan membandingkannya sebelum memilih.

4. Mutu pelayanan bank

Tentu saja ketika anda akan mendepositokan uang anda, yang perlu dipertimbangkan adalah banyak hal. Salah satu yang harus dipertimbangkan adalah mutu pelayanan dari pihak bank. Biasanya ada pihak bank yang susah sekali memberikan pelyanan yang baik dan memberikan jawaban atas semua pertanyaan dengan profesional. Apalagi untuk memutuskan depositonya di sepakati seperti apa, kadang pihak bank memberikan waktu yang cukup lama. Hal ini akan jadi perhitungan juga.

5. Resiko yang akan diterima

Tidak ada segala sesuatu hal yang tidak memiliki resiko, tentu saja semuanya beresiko. Jadi ketika anda akan mendepositokan uang anda, bisa saja ada resiko kerugian yang akan anda dapatkan. Hal itu bisa terjadi jika anda tidak berhati  hati untuk memilih bank yang memang tepat.

Sekian informasi yang kami berikan mengenai suku bunga bank.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...