Tips Investasi Syariah Agar Tidak Merugikan

Tips Investasi Syariah Agar Tidak Merugikan

Tips Investasi Syariah Agar Tidak Merugikan – Belakangan ini banyak orang mancoba berbagai macam bisnis agar mampu memberikan keuntungan yang maksimal. Salah satu bisnis yang banyak diminati adalah investasi, berbagai macam jenis investasi bisa dijadikan lahan yang menguntungkan. Namun, tidak sedikit juga orang yang rugi karena investasi. Maka dari itu anda harus pandai membaca peluang untuk bisnis investasi yang akan anda tekuni. Investasi syariah adalah cara yang paling tepat agar anda tidak mendapatkan banyak kerugian, selain itu juga sah di mata agama. Investasi syariah dianggap mampu membatasi keinginan untuk memiliki saham yang keluar dari nilai agama. Meskipun begitu tidak banyak orang yang tau perbedaan investasi syariah dan investasi konvensional. Berikut ini beberapa keuntungan dari investasi syariah:

Tips Investasi Syariah Agar Tidak Merugikan

Tips Investasi Syariah Agar Tidak Merugikan

1. Peraturan tidak bertentangan dengan ajaran agama islam

Di dalam investasi syariah ada beberapa peraturan yang dijadikan patokan agar tidak melanggar nilai agama. Misalnya saja tidak ada penanaman saham yang merugikan salah satu pihak.

Baca juga : Tips Mencari Investasi Yang Menguntungkan

2. Sistem bagi hasil

Seperti halnya bank bank yang berbasis syariah tidak ada unsur riba di dalamnya, anda tidak akan mendapatkan keuntungan berupa bunga. Sistem yang digunakan di dalam investasi syariah adalah bagi hasil. Investor tidak hanya memiliki kemungkinan untuk mendapatkan sebagian untung dari perusahaan tetapi juga mempunyai resiko yang sangat besar jika perusahaan mengalami kerugian.

3. Musyawarah untung dan rugi

Di dalam investasi syariah bagi hasil untung beresiko rugi sudah harus di sepakati ketika mendaftarkan investasi. Pemegang investasi harus bermusyawarah dengan penerima investasi dan membuat iktikat investasi. Dengan adanya iktikat investasi pemilik investasi bisa terbebas dari ghahar (informasi yang menyesatkan) atau terbebas dari masyir (resiko yang berlebihan). Ketika kesepakatan sudah dilakukan perusahaan memiliki kewajiban untuk menjelaskan dengan sejelas jelasnya mengenai informasi apa saja yang ada di perusahaan. Seluk – beluk perusahaan harus diketahui oleh investor agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari. Jadi tidak akan ada keselisihan antara pemegang investasi dan penerima investasi.

Untuk sukses di dalam bisnis investasi anda harus melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Kenali saham yang di inginkan

Sekalipun sering di katakana sebagai bermain investasi anda tidak bisa menggunakan kegiatan ini sebagai ajang main main. Akan ada resiko yang akan di ambil dari dana yang anda tanam. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah memahami seluk beluk saham yang anda inginkan. Untuk memahami investasi yang anda terjuni anda bisa mencari informasi sebanyak banyaknya. Untuk investasi berbasis syariah, anda harus mengenali daftar perusahaan mana saja yang bisa anda tanami untuk investasi. Anda bisa melacaknya di daftar efek syariah yang di terbitakan oleh OJK. Dalam daftar tersebut akan ada perusahaan mana saja yang tidak menentang dengan prinsip syariah di pasar modal. Anda harus memiliki kejelian sebelum memutuskn berinvestasi.

2. Pastikan saham bebas dari prektek yang tidak sesuai

Setelah anda mengetahui daftar daftar nama perusahaan yang anda tanamkan, langkah berikutnya adalah mengecek ketepatan perusahaan tersebut. Pastikan bahwa investasi telah bebas dari praktek praktek yang bertentangan dengan ajaran islam. Ada tiga syarat yang bisa dikatakan katagori dalam investasi syariah, syarat yang pertama, jenis usaha, barang atau jasa, serta akad dan pengelolahan perusahaan tidak boleh berlawanan dengan prinsip syariah. Syarat kedua, perusahan wajib menandatangani dan memenuhi ketentuan akad sesuai dengan prinsip syariah. Dan syarat yang ketiga perusahaan wajib memiliki SCO untuk menjelaskan prinsip prinsip yang harus dianut dalam syariah. SCO adalah pejabat atau petugas yang ada di lembaga yang sudah di sertifikasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia sebagai bukti bahwa ia memahami konsep dari syariah di pasar modal.

3. Datangi perusahaan

Setelah anda mampu memahami daftar perusahaan yang bisa di tanami investasi syariah saat itu anda mulai bertindak. Jika memang anda berniat untuk bermain investasi syariah segera datangi perusahaan yang memang dipercaya dan menjual investasi Syariah yang di inginkan. Pastikan perusahaan tersebut di akui oleh OJK dan mintalah penjelasan secara detail dari petugas perusahaan untuk kelengkapan informasi yang anda butuhkan. Setelah itu isi formulir yang di butuhkan, jika anda masih ragu anda bisa mempertimbangkan di reksadana syariah. Dengan begitu anda tidak akan rugi.

Sekian informasi yang kami berikan mengenai investasi syariah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...