Tips memulai usaha

8 Tips Sukses Memulai Usaha Dengan Patungan Bersama Teman

Tips memulai usaha – Menjalan bisnis memang bukan perkara mudah dan tidak beresiko, sesorang yang berani mengambil keputusan berbisnis harus sanggup menerima resiko apalagi jika bisnis yang akan dijalankan mendapatkan modalnya secara patungan. Jika anda memutuskan untuk join dengan teman kamu dalam membuka bisnis, maka kamu dapat menanggung resiko yang jauh lebih besar. Berikut ini ada beberapa tips untuk memulai usaha dengan teman :

BACA JUGA : Bisnis Rental Mobil Dengan Modal Rp 10 Juta? Ini Caranya

 

8 Tips Sukses Memulai Usaha Dengan Patungan Bersama Teman
1. Berbisnis dengan teman yang sangat dekat
Teman yang sangat bukan berarti teman yang setiap hari dekat dengan anda. Anda dapat mengartikan teman dekat sudah seperti sahabat. Hal ini kadang dianggap remehkan padahal ini hal yang sangat penting sebab yang anda cari bukan lagi teman untuk bermain tetapi teman untuk memulai bisnis yang sering mengalami banyak kesulitan ketika prosesnya. Ketika dalam kesulitan loyalitas dari partner akan menjadi hal yang diuji.

2. Memiliki kecocokan karakter
Tips memulai usaha selanjutnya ketika anda sudah menemukan teman dekat atau sahabat yang dapat diajak untuk berbisnis, pastikan bahwa karakter yang anda dan sahabat anda miliki sama sebab ketika menjalanan bisnis untuk mengambil keputusan tidak akan berjalan sulit. Selain itu jika memiliki karkater yang sama akan lebih mudah untuk mendapatkan chamestri dan juga lebih mudah untuk saling mengerti. Biasanya jika dengan sahabat yang sudah dekat dan benar ñ benar tahu anda, karakter yagn dimiliki akan sama, jika tidak sama tidak mungkin dapat menjadi sahabat yang bertahan lama. Atau paling tidak dapat saling memahami satu sama lain.

3. Temukan kelebihan dari sahabat anda
Anda perlu untuk memahami terlebih dahulu bagaimana sahabat anda, terutama apa kelebihan yang sahabat anda miliki. Jika anda sudah menemukan kelebihan maka akan cukup mudah untuk melakukan bisnis yang akan anda jalani. Tips memulai usaha dengan sahabat pada menemukan kelebihan sahabat akan membuat bisnis anda menjadi lebih mudah lagi sebab anda sudah paham apa yang diminati oleh sahabat anda serta keunggulan dalam hal apa yang mereka miliki. Dengan mengetahui minat apa yang dimiliki oleh sahabat andaakan membuat anda tahu harus membagi tugas sesuai dengan minat masing masing, menjalaninya akan menyenangkan.

BACA JUGA : Kerja di Rumah Tetap Produktif ? Ini 5 Tipsnya

 

Tips memulai usaha

 

4. Membicarakan bisnis dengan serius
Terkadang ketika sedang bersama sahabat, terlalu banyak bercanda dan bercerita. Berbeda jika suah mengenai bisnis maka anda dan sahabat anda harus serius pula membicarakan bisnis yang dijalankan. Perlu diperhatikan, ketika sedang membicarakan rencana awal untuk membicarakan bisnis jangan terlalu fokus untuk membicarakan keuntungan terlebih dahulu, namun yang paling penting adalah membicarakan bagaimakan usaha dapat berjalan dan apa yang akan dilakukan jika usaha mengalami masa keterpurukan. Jika membahas mengenai usaha anggap sahat anda adalah partner kerja secara profesional.

5. Buat kesepakatan untuk membagi modal dan keuntungan
Berbisnis dengan sahabat, anda juga perlu secara terang terangan membicarakan kesepakatan tentang modal yang digunakan dan keuntungan yang didapatkan. Jika anda mengajak satu orang sahabat untuk menjalankan bisnis, maka sebaiknya modal dibagi menjadi dua 50% dan 50%. Begitu juga untuk membagi keuntungan, anda juga harus membagi rata seperti modal. Perlu diperahatikan pada bagian membagi keuntungan, jangang sampai ada yang merasa dicurangi, sebab akan membuat bisnis tidak berjalan dengan baik.

6. Mulai membagi tugas
Tips memulai usaha yang ditunggu adalah mulai membagi tugas, dimana usaha sudah akan dijalankan resiko besar sudah akan dihadapi. Mulai membagi tugas sesuai minat dalam usaha tersebu, misalnya jika sahabat anda memiliki bakat dan pandai berbicara maka Ia dapat mengambil tugas sebagai bagian pemasaran atau promosi. Jika anda lebih suka menangani bisnis, ambil saja contoh bisnis makanan dan anda lebih suka memasak maka anda dapat mengambil posisi bagian produksi. Jika tugas dibagi sesuai dengan kehalihan dan minat maka ketika bekerja juga tidak akan merasa terbebani. Jangan sampai ada yang merasa dirugikan dalam membagi tugas.

BACA JUGA : 7 Ide bisnis rumahan yang menjanjikan untung besar jika ditekuni

7. Siapa yang berhak menjadi leader
Sebuah bisnis layaknya sebuah organisasi, tentu saja anda butuh leader yang dapat mengayomi bisnis anda. Bukan mengayomi dalam hal memberikan modal secara penuh tetapi menjadi penengah ketika pengambilan keputusan, menjadi yang dilihat ketika akan mengambil keputusan yang besar. Hal ini mungkin jarang diperhatikan, tapi ketika bisnis sudah berjalan dan menemukan permasalahan anda pasti merasa butuh untuk memiliki leader. Sebelum usaha berjalan, sebaiknya rundingkan bagaimana sistem untuk bisnis yang akan dijalani. Jika memang sudah sepakat untuk memilih leader maka bekerja secara profesional jangan sampai ada yang merasa tersaingi dan tidak setuju.

8. Buat surat perjanjian dibawah hukum
Ketika bisnis yang anda jalankan bukan main main lagi, maka sebaiknya untuk mengurangi kecurangan yang mungkin bisa terjadi maka anda dapat menggunakan surat perjanjian sebagai pegangan. Surat perjanjian harus sesuai dengan keperluan bisnis dan spofrif. Fungsi dari surat perjanjian untuk menjadi pegangan agar tidak ada yang akan berbuat tidak pada tempatnya ketika sedang berbisnis. Surat perjanjian yang dibuat harus sesuai dasar hukum agar tips memulai usaha juga dapat berjalan lancar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...