Usia Pensiun PNS Kamu Sudah Dekat? Yuk, Kelola Keuangan Untuk Hari Tua

Usia Pensiun PNS Kamu Sudah Dekat? Yuk, Kelola Keuangan Untuk Hari Tua

Usia Pensiun PNS – Untuk hari tua, rasanya nggak mungkin menggantungkan uang pensiunan atau menunggu anak menyisihkan gajinya demi kita. Saat hari tua, menikmati hasil investasi atau tabungan adalah hal yang bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan di usia senja. Nah, jika kamu merasa bahwa usia pensiun PNS sudah dekat yakni mendekati 56 tahun atau mungkin kamu berencana untuk pensiun dini dari PNS, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan selain memikirkan masa depan anak, yaitu bagaimana kamu bisa mulai mengelola keuangan.

BACA JUGA : Asuransi Jaya Proteksi Milik Ace Di Indonesia

Usia Pensiun PNS Kamu Sudah Dekat? Yuk, Kelola Keuangan Untuk Hari Tua

Jadi, usia muda memang identik dengan mencari identitas diri dengan hura-hura bersama teman dan tentu saja kamu tidak selamanya bisa produktif. Ada banyak waktu dan tenaga yang bisa kamu lakukan demi mengais penghasilan seperti yang kamu harapkan dan semangat yang tinggi untuk mengejar kekayaan bisa menjadi hal yang meninggikan obsesi kamu, tetapi saat usia senja adalah pembatas produktifitas. Maka dari itu, hal yang pertama yang harus kamu lakukan sebelum usia pensiun kamu semakin dekat adalah dengan memanfaatkan dana pensiun.

Mengumpulkan dana pensiun bisa dimulai saat muda dan sejak awal supaya saat masa pensiun, kamu dapat menikmati masa-masa tersebut bersama keluarga dengan nyaman tanpa ada banyak masalah keuangan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan guna mendapatkan kenyamanan dan ketenangan tersebut.

1. Menabung dan investasi harus benar-benar dipaksa.
Apa yang kamu dapatkan hari ini, bisa jadi akan raib di masa depan. Contoh kecilnya, jika bulan ini kamu gajian, tentu saja beberapa hari kedepan bisa ludes karena kebutuhan penting ataupun tidak. Begitulah uang. Kamu mengejarnya mati-matian, dan kemudian bisa lenyap begitu saja jika tidak benar-benar mengaturnya secara tepat. Masalah gaji yang hanya bertahan di pertengahan bulan memang masalah banyak orang. Hal tersebut dikarenakan kita terlalu senang saat menerima gaji sehingga ingin membeli ini dan itu.

BACA JUGA : Siapkan Asuransi Kecelakaan Diri Jika Takut Dengan Resiko Cacat Dan Tidak Bisa Bekerja

Tapi berbeda jika kamu memiliki tekad untuk menyisihkan beberapa persen dari gaji untuk kehidupan hidup seperti membayar asuransi, biaya hidup, tabungan dan cicilan misalnya. Sangat penting jika kamu memulai segalanya dari sekarang untuk menyisihkan gaji demi kebutuhan masa depan sebab tidak ada kata terlambat untuk terus menabung.

Tidak hanya menabung yang bisa kamu lakukan, kamu juga bisa mencoba investasi. Cara ini terbilang efektif untuk mendapatkan uang secara pasif walaupun terdapat resiko didalamnya. Jadi, jangan dianggap investasi adalah tabungan. Sebab, tabungan itu tidak pernah berkurang, karena uang ìmatiî dengan jumlah yang tetap, dan hanya bisa bertambah jika kamu terus menabung. Sedangkan investasi adalah menyisihkan sebagian uang kamu sebagai modal yang bisa untung atau rugi. Sehingga, dibutuhkan kecermatan dan kehati-hatian untuk memulainya.

2. Buat rencana keuangan dengan mengontrol pengeluaran
Cara ini bukanlah hal yang sulit untuk diterapkan. Rencana keuangan bisa menjadi sangat berguna supaya kamu bisa mengontrol pengeluaran yang harus kamu gelontorkan pada setiap periode. Caranya cukup mudah yakni dengan membuat tabel pendapatan dan pengeluaran dengan proyeksi nominal harta yang ingin kamu capai di beberapa bulan kedepan atau dibuat untuk jangka 1 tahun, 5 tahun bahkan 10 tahun.

Usia Pensiun PNS

 

BACA JUGA : Bpjs Tenaga Kerja, Apa Saja Programnya?

Walaupun terlihat sepele, namun tanpa adanya rencana pengeluaran membuat kita bisa lupa diri dan menguras tabungan kamu hingga habis. Segala catatan perincian pemasukan dan pengeluaran harus disiapkan supaya kamu bisa tahu kemana larinya uang yang sudah kamu sisihkan. Sehingga, kamu bisa berhati-hati dan tidak boros. Bukan berarti kamu harus benar-benar ketat sampai tidak bisa makan yang mewah demi mengejar tabungan yang banyak saat usia pensiun PNS kamu semakin dekat. Ada saat kamu boleh makan mewah misalnya saat bertemu teman lama dan ingin mengajaknya berinvestasi bersama.

Diluar kondisi tersebut, jangan memanjakan diri untuk terus makan mewah. Pikirkan bahwa semakin banyak uang yang kamu tabung walaupun sedikit-sedikit maka lama-lama bisa menjadi bukit. Biasakan untuk membawa bekal makanan atau beli makan siang dengan harga yang lebih murah. Dengan kebiasaan kecil tersebut, kita bisa menghemat dan menyisihkan uang untuk ditabung.

3. Selalu mulai dari sekarang
Kalau menunggu semua rencana keuangan kamu matang, semuanya nggak akan jalan. Mulailah walaupun harus sedikit demi sedikit. Kamu bisa belajar dari pengalaman untuk terus berhemat dan menabung. Tapi kalau kamu terus menunda dan menunggu rencana untuk investasi atau menabung benar-benar sempurna, bisa-bisa tidak akan tercapai sebab terus ditunda dan hanya ada di angan-angan saja.

Mulailah dengan minimal 3% hasil kerja kamu harus ditabung untuk dana pensiun. Sisanya bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jika masih ada sisa, kumpulkan sebagai modal investasi reksadana yang bisa dimulai dengan uang 100.000 rupiah saja.

4. Lunasi hutang dan siapkan dana darurat
Terakhir, hutang harus segera dilunasi, apalagi jika hutangnya dengan bunga baik rendah atau besar. Dana darurat bisa disiapkan dengan 3 x gaji bulanan jika kamu masih lajang namun siapkan 6 x gaji bulanan jika kamu sudah berkeluarga.

Nah, walaupun usia pensiun PNS kamu sudah dekat, dengan mengelola keuangan seperti di atas, kamu tidak akan kesulitan di masa depan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...